• Headline News


    Tuesday, March 26, 2024

    BAPPEDA dan Libang Bursel Gelar FGD RPJMD

    Namrole, Komastimur.com
    Dalam rangka mendapat saran dan masukan terkait penyempurnaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Buru Selatan (Bursel) Tahun 2025-2045, Pemda Bursel melalui BAPPEDA dan Litbang Kabupaten Bursel menggelar Focus Group Discussion (FGD).


    Kegiatan yang berlangsung di Aula lantai dua kantor bupati, Senin (25/3/24) dibuka secara resmi oleh Bupati Bursel, Hj. Safitri Malik Soulisa.


    "Pelaksanaan forum diskusi ini dimaksudkan untuk mendapatkan saran masukan dari seluruh OPD untuk penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kabupaten Bursel 2025-2045," demikian kata Bupati Bursel, Hj. Safitri Malik Soulisa saat membuka FGD tersebut.


    Menurutnya, FGD ini perlu dilakukan untuk menyamakan persepsi bahwa dalam penyusunan RPJPD yang bertujuan menyusun dan menyepakati pedoman/arah pembangunan termasuk kebijakan dan sasaran pembangunan jangka panjang daerah tahun 2025-2045. 


    "Kegiatan ini menjadi wadah untuk menyepakati dasar penyusunan RPJPD secara teknokratik sebagai landasan dalam perumusan visi, misi dan program bagi calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada serentak tahun 2024 yang akan datang," ucapnya.


    Menurutnya, sebagai dasar atau acuan penyusunan perencanaan pembangunan harus dilakukan dengan menyelaraskan sasaran, strategi arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan jangka panjang daerah. 


    Untuk itu, melalui FGD ini Safitri berharap kegiatan tersebut dapat membuka ruang wawasan dalam mengimplementasikan penyusunan dokumen rancangan awal RPJPD kabupaten Bursel 2025-2045 sehingga dapat menghasilkan perencanaan pembangunan daerah dan perencanaan perangkat daerah yang berkualitas. 


    "Dokumen perencanaan yang berkualitas tentu saja dengan memperhatikan aspek keterukuran, konsistensi keberlanjutan, target indikator capaian melalui perumusan dan penyepakatan sasaran dan indikator perencanaan pada masing-masing urusan pembangunan dalam periode jangka panjang maupun dalam periode jangka menengah dan pendek," pungkasnya. (KT/03)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BAPPEDA dan Libang Bursel Gelar FGD RPJMD Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top