• Headline News


    Saturday, December 30, 2023

    Kantor Imigrasi Ambon Rilis Capaian Kinerja Tahun 2023

    Ambon, Kompastimur.com
    Di penghujung tahun 2023, tepatnya pada Kamis, 28 Desember 2023, Kepala Kantor Imigrasi Ambon, Abduraab Ely mengeluarkan pres rilis capaian kinerja instansinya selama tahun 2023.


    Dalam rilis yang diterima media ini, Jumat 29/12/2023), Ely menyebut bahwa untuk tahun 2023 permintaan pembuatan Paspor naik signifikan.


    "Permintaan Paspor kantor Imigrasi Ambon tahun 2023 mengalami kenaikan positif yang tumbuh secara pesat pasca pulihnya pelayanan yang sempat terbatasi katena Covid 19," terang Benderang Ely.


    Ia menyebut untuk tahun 2023 ini, penerbitan paspor hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


    "Tahun 2021 kami menerbitkan Paspor 828, tahun 2022 sebanyak 3336 paspor dan tahun 2023 naik menjadi 6508 paspor," rincinya.


    Dalam penerbitan paspor lanjut Ely, selain dilakukan di kantor Imigrasi Ambon, pihaknya juga langsung Om the Spot ke lokasi pemohon. Ini merupakan langka untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh paspor.


    "Kita buat program Eazy Pasport yaitu program inovasi pelayanan Paspor kolektif jemput bola On The Spot di lokasi pemohon Paspor. Di kabupaten Bursel 2 kali, kabupaten Buru 4 kali, Kota Ambon 5 kali, kabupaten Seram Bagian Barat 2 kali, kabupaten Maluku Tengah 2 kali dan Kabupaten Seram Bagian Timur 2 kali kegiatan," rinci Ely.


    Untuk perlintasan imigrasi pada wilayah kerja Kantor Imigrasi Kota Ambon mengalami kenaikan positif dari tahun kemarin sebagai imbas dibukanya kebijakan pembatasan keluar masuk orang asing dalam rangka pencegahan Covid 19.


    "Tahun ini perlintasan keluar masuk orang sebanyak 2329 orang. Sebagian besar angka perlintasan di dominasi oleh awak kapal barang atau cargo," jelasnya.


    Lebih jauh Ely menuturkan, akibat dari dibukanya larangan pembatasan keluar masuk orang juga berimbas pada Ijin Kunjungan (VOA dan ITK), Ijin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Ijin Tinggal tetap (ITAP) tahun 2023.


    "Tahun 2023 ini VOA dan ITK sebanyak 624 orang, ITAS sebanyak 104 orang dan ITAP 8 orang," pungkasnya.


    Sementara di bagian seksi Intelejen dan Pendidikan Keimigrasian (INTELDAKIM) Kantor Imigrasi Ambon yang memiliki tugas di bidang intelejen, pengawasan dan penindakan keimigrasian baik untuk WNI maupun WNA di wilayah kerja mengalami capaian kinerja yang begitu baik.


    "Jumlah Capaian Kinerja Tahun 2023 kami adalah BAP Paspor sebanyak 118 Kegiatan, Rakor TIM PORA 8 Kegiatan, Operasi Intelijen 27 Kegiatan, Operasi Mandiri  7 Kegiatan Operasi Gabungan : 3 Kegiatan, Tindakan Adminstratif tidak ada, Kegiatan Pendetensian 2 Kegiatan dan Deportasi 1 Kegiatan. Penyerapan anggaran tahun 2023 sebanyak 99.6 persen," tutupnya.


    Sekedar diketahui, Kantor Imigrasi Ambon merupakan instansi vertikal di bawah DITJIEN IMIGRASI pada KEMENKUMHAM RI dan dibina oleh Kantor Wilayah KEMENKUMHAM Maluku melalui Divisi Imigrasi-nya. 


    Dari pemaparan capaian kerja tahun 2023, Kantor Imigrasi Kota Ambon memiliki kinerja yang cukup baik. (Red)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kantor Imigrasi Ambon Rilis Capaian Kinerja Tahun 2023 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top