• Headline News


    Monday, April 17, 2023

    Pj WaliKota Ambon Pimpin Apel Operasi Ketupat 2023

    Ambon, Kompastimur.com - Polresta Ambon dan Pulau – Pulau Lease menggelar apel bersama Operasi Ketupat Tahun 2023 yang diikuti semua pemangku kepentingan termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Ambon, Senin (17/4/ 23), di Lapangan Merdeka.


    Bertindak sebagai inspektur upacara, Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena yang juga membacakan sambutan tertulis Kepala Kepolisian RI, Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo.


    Disampaikan, pelaksanaan apel ini merupakan pengecekkan akhir kesiapan Operasi Ketupat Tahun 2023, yang bertujuan untuk mengamankan mudik dan perayaan Idul Fitri 1444 hijriah ini, melibatkan personel sebanyak 148.261 yang terdiri dari TNI/Polri, Kementerian Terkait, BNPN, BMKG, Basarnas, PT. Pertamina, PT. Jasa Raharja, PT. Jasa Marga Persero Tbk., Satpol-PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, dan Mitra Kantibmas lainnya.


    “Personil tersebut nanti akan menempati 2.787 pos dengan rincian; 1.857 pos pengamanan, 713 pos pelayanan, 217 pos terpadu,” terangnya.


    Katanya, Untuk Kota Ambon sendiri, kata Wattimena, dikarenakan arus mudik tidak membludak di kota ini, maka pengamanan Pemkot dalam hal ini dinas terkait dengan pemangku kepentingan akan dilaksanakan pada pintu masuk kota yakni pelabuhan dan bandar udara saja.


    “Pengamanan di kota ini, saya rasa secara teknis TNI/Polri dengan Stakeholder lain sudah terbiasa, di Ambon kan tidak ada arus mudik yang luar biasa disini, sehingga seperti biasa mengamankan di pelabuhan-pelabuhan, di bandar udara dan arus masuk Kabupaten-kabupaten tetangga yang masuk, itu saja,” keluhnya, saat ditemui usai Apel Operasi Ketupat 2023.


    Ditambah lagi, di Kota Ambon selain jalur pintu masuk, pengamanan malam takbiran juga turut menjadi perhatian Pemkot bersama dengan seluruh stakholder terkait kamtibmas.


    “Pengamanan malam takbiran itu merupakan rangkaian dari operasi ketupat yang akan dilaksnakan oleh Seluruh TNI/Polri dan seluruh pemangku kepentingan lainnya,” pungkasnya.


    "Kami berharap arus mudik, serta pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah ini dapat berjalan dengan baik, hingga mengakhiri perayaannya di seluruh Indonesia termasuk Kota Ambon," tandasnya. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pj WaliKota Ambon Pimpin Apel Operasi Ketupat 2023 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top