• Headline News


    Thursday, October 13, 2022

    Poltek Ambon Gelar Workshop Penyusunan Dokumen PBL

    Ambon, Kompastimur.com
    Politeknik Negeri Ambon, jurusan teknik elektro menggelar Workshop penyusunan Dokumen pembelajaran berbasis project (PBL) program studi diploma dua jalur cepat. 


    Kegiatan ini di gelar dalam rangka persiapan pembukaan program Diploma 2 jalur cepat atau fastrack instalasi dan pemeliharaan kabel bertegangan rendah di jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Ambon  yang berlangsung di Swisbell Hotel, Rabu (12/10/2022).


    Kegiatan ini Dihadiri oleh para dosen  teknik Elektro sebagai peserta dan Ketua task force: Elisabeth Tansiana Mbitu, sebagai Nara sumber, Moch. Zen Samsono Hadi, dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).


    Kepada wartawan, Tansiana mengatakan, program Diploma Dua merupakan program dari kemenristekdikti yang di usahakan  agar program Diploma 2 ini merupakan kegiatan kerjasama dengan industri  Yang dijalankan normalnya 2 tahun, tapi sekarang sedang di upayakan hanya dalam jangka waktu satu setengah tahun.


    "Pembelajaran program Diploma II ini di jalankan hanya dalam jangka waktu satu setengah tahun dalam 4 semester," terangnya.


    Menurutnya, program diploma dua yang harusnya dijalankan selama 4 semester, namun kini dijalankan cuma 3 semester  saja yaitu semester pertama itu itu namanya rekognisi pembelajaran lampau, artinya memakai pembelajaran yang sudah dilakukan di SMK itu menjadi semester pertama di Politeknik.

    "Semester 2 itu belajar di kampus , semester 3 dan  4 itu semua full di industri." tuturnya.


    Tansiana menambahkan, ini merupakan kegiatan yang dinamakan 'Riple Helix'. Jadi ada kerjasama tiga interval, yaitu 3 pendidikan, 2 pendidikan vokasi SMK kemudian Politeknik.


    "Yang dilakukan saat ini dalah penyusunan pembelajaran berbasis proyek, lebih dikenal dengan istilah Project Based Learning," tambahnya.


    "Selain itu, ada Worship kurikulum dengan Industri agar dengan mudah mengetahui kebutuhan di industri," sambungnya.


    Tansiana berharap, semoga kegiatan program Diploma II jalur cepat instalasi dan pemeliharaan kabel bertegangan rendah di Politeknik Negeri Ambon ini bisa dapat izin untuk didirikan hingga tahun depan  sudah bisa dipromosi untuk menerima mahasiswa.


     "Ditargetkan kelulusan di program Diploma II ini siap pakai dan langsung terserap karena punya kerjasama dengan industri," tutupnya. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Poltek Ambon Gelar Workshop Penyusunan Dokumen PBL Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top