• Headline News


    Thursday, October 13, 2022

    Perkuat Jajaran Satrol Lantamal IX, KRI Dorang-874 Diterima Secara Resmi Oleh Danlantamal

    Ambon, Kompastimur.com
    Ucapan syukur, semangat dan bangga, tiada kata lain yang bisa menggantikan saat KRI Dorang-874 secara resmi bergabung dalam keluarga besar Lantamal IX Ambon.


    Komandan Lantamal IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, memimpin secara langsung penyambutan KRI Dorang-874 menjadi bagian dari unsur yang memperkuat jajaran Satuan Kapal Patroli Lantamal IX (Satrol Lantamal IX) di Dermaga Irian Komplek Lantamal IX Halong, Baguala, kota Ambon, Rabu (12/10/2022).


    Acara diawali dengan pembacaan narasi singkat KRI Dorang-874, penyambutan Komandan KRI Dorang-874 Letkol Laut (P) Ardita Yudha Prawira dengan diiringi Tari Lenso dan pemakaian baju adat kepada Komandan KRI Dorang-874 oleh Penjabat Walikota Ambon Drs. Bodewin M. Wattimena, dan pengalungan selendang oleh Danlantamal IX Ambon.


    Mengawali sambutannya, Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina menyampaikan ucapan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan selamat datang kepada Komandan beserta seluruh ABK KRI Dorang-874 di Lantamal IX.


    "Perlu diketahui bahwa tugas pokok KRI adalah melaksanakan patroli dan penegakan hukum di laut dalam rangka menjaga keamanan NKRI", tutur Brigjen TNI Said Latuconsina.


    Nama KRI Dorang sendiri diambil dari nama ikan yang masih merupakan spesies ikan yang masuk dalam keluarga ikan bawal. Dengan filosofi ikan dorang yang hidup di bagian pesisir lautan serta kelincahan dan pertahanan, diharapkan KRI Dorang-874 dapat menjadi kapal pengawal samudera yang tangkas serta prajurit-prajurit yang terampil dengan motto “HANASTA JALADHI” yang berarti seluruh prajurit KRI Dorang-874 siap menguasai samudera, sehingga mampu menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah perairan Indonesia.


    Kapal ini merupakan KRI jenis PATROLL CRAFT (PC) 60. Kapal patrol cepat ini dapat melaksanakan peperangan anti kapal permukaan dan peperangan anti udara. Selain memiliki tugas pokok melaksanakan patroli keamanan laut, kapal ini juga melaksanakan tugas operasi tambahan seperti operasi SAR dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).


    "Dengan hadirnya KRI Dorang ini tentunya akan lebih memperkuat jajaran Lantamal IX dalam melaksanakan tugas pertahanan negara dan penegakan hukum di laut. Momen ini harus kita sambut dengan penuh rasa bangga dan syukur", tambah Danlantamal IX.


    Pada akhir sambutan, Danlantamal IX Ambon juga memberikan penekanan kepada Komandan dan ABK KRI Dorang-874 untuk selalu memahami, melaksanakan dan mematuhi prosedur keamanan dan keselamatan kerja terutama dalam mengoprasikan alusista sesuai azasinya. 


    "Laksanakan drill tindakan penyelamatan secara rutin, laksanakan pemeriksaan terhadap kondisi teknis alutsista dan peralatan keselamatan secara terus menerus dan intensifkan latihan guna meningkatkan profesionalisme prajurit secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan serta laksanakan pengendalian, kontrol dan evaluasi sesuai strata masing-masing", tegas Brigjen TNI Said Latuconsina.


    Acara kemudian dilanjutkan dengan pernyataan resmi penerimaan KRI Dorang-874 di Lantamal IX dan pemberian ucapan selamat kepada para personel KRI Dorang-874 serta persembahan tarian Lenso. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Perkuat Jajaran Satrol Lantamal IX, KRI Dorang-874 Diterima Secara Resmi Oleh Danlantamal Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top