• Headline News

    Thursday, July 21, 2022

    Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa Jabat Pangdam XVI/Pattimura

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompastimur.com
    Pangdam XVI/Pattimura resmi dijabat oleh Mayor Jenderal (Mayjen) Mayor Jenderal TNI Ruruh A. Setyawibawa dalam acara serah terima jabatan yang berlangsung, Kamis (21/7/2022)


    Pangdam XVI/Pattimura sebelumnya dijabat oleh Mayjen Richard Tampubolon. 


    Dalam perkenalan dirinya, Mayor Jenderal TNI Ruruh A. Setyawibawa banyak bercerita soal karirnya di dunia Militer.

     

    "Saya abituren Akademi Militer tahun 1988 dan sebelumnya menjabat sebagai Deputi V Bidang Intelijen Teknologi BIN. Saya lahir di Pati, Jawa Tengah, sudah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak," ucap Pangdam.


    RURUH mengatakan, sesuai perintah pimpinan TNI AD, dirinya diberikan amanah dan kepercayaan sebagai Pangdam XVI/Pattimura.


    Dikesempatan itu, Pangdam berharap dalam menjaga stabilitas wilayah Kodam XVI/Pattimura, makan pihaknya berharap kerja sama dari semua pihak.


    "Karena Kodam XVI/Pattimura membawahi Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara dengan wilayah yang cukup luas, maka kerjasama dan dukungan dari seluruh Prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura untuk bersama membangun ke dua Provinsi tersebut dan mengawal program pemerintah guna mensejahterakan seluruh masyarakat di wilayah Kodam XVI/Pattimura," harapnya.


    Katanya, citra Kodam XVI/Pattimura di mata masyarakat selama ini sangat baik. dan Keberhasilan ini tidak terlepas dari kepemimpinan Pangdam XVI/Pattimura terdahulu, terutama saat kepemimpinan Mayjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon. 


    "Menjaga apa yang sudah dicapai itu lebih sulit daripada meraihnya. Untuk itu, saya mengajak seluruh Prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura untuk bekerja lebih ekstra lagi dan memberikan karya terbaik bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Maluku dan Maluku Utara," pintanya lagi.

     

    Dia juga mengucapkan terima kasih di berikan kepada Mayjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon, karena di awal mengemban amanah sebagai Pangdam XVI/Pattimura, telah mendapat banyak informasi dan masukan, serta difasilitasi untuk mendengarkan paparan Para Asisten Kasdam XVI/Pattimura tentang pelaksanaan Program Kerja Kodam XVI/Pattimura. 


    "Hal ini sangat membantu dalam mengawali tugas dan melanjutkan program dan kegiatan Kodam XVI/Pattimura ke depan," terangnya.


    Ruruh juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas karya nyata dan pengabdian Mayjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon dalam membangun Kodam XVI/Pattimura menjadi satuan yang dibanggakan dan dicintai rakyat.


     Dan tak lupa mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas, kepada Mayjen TNI RICHARD TAMPUBOLON  semoga di beri kesehatan  bersama keluarga dan keberhasilan dalam menjalankan tugas  jabatan sebagai Irjenad.katanya 


    Sementara mantan Pangdam XVI Pattimura,  Richard Tampubolon dalam sambutannya berterimakasih kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura atas kerjasama dan dukungannya selama Ia menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura.

    "Semoga tetap di jaga dan ditingkatkan kinerjanya bersama Pangdam XVI/Pattimura yang baru untuk mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat," ucap Tampubolon.


    "Saya dan keluarga mohon pamit dan mohon do’a restu kepada segenap warga Kodam XVI/Pattimura untuk melaksanakan tugas di satuan baru sebagai Irjenad," tambahnya.


    Dikatakan, selama ia menjabat Pangdam XVI/Pattimura, sudah banyak mengunjungi satuan dan wilayah Kodam XVI/Pattimura mulai dari Halmahera sampai Tenggara Jauh. Kondisi wilayah Kodam XVI/Pattimura yang dikelilingi lautan memberikan kesan dan pengalaman yang sangat menarik dan berharga. 


    Namun demikian, tantangan alam tidak menyurutkan niat dan semangatNya untuk bertatap muka dengan para prajurit, pemerintah daerah, rekan kepolisian, tokoh agama dan masyarakat di daerah, dalam rangka mewujudkan Program Mutiara Pattimura yaitu sebagai Pelindung dan Perekat Bangsa, khususnya masyarakat Maluku dan Maluku Utara. 


    "Semoga semua yang sudah dibangun bersama dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan, dalam menjaga soliditas, loyalitas, 

    serta pengabdian yang tulus kepada bangsa dan negara. Seluruh kesiapan perlu di jaga baik operasional, personel, materiil dan kesiapan satuan. Jangan ada arogansi prajurit dalam berucap, tindakan, perbuatan baik dalam kedinasan maupun pergaulan di tengah masyarakat," pungkasnya.


    Selanjutnya, prinsip kebersamaan, kekeluargaan dan kesetaraan yang menjadi landasan pengabdian Prajurit Kodam XVI/Pattimura harus terus diwujudkan baik dalam internal TNI maupun dengan komponen bangsa lainnya.


    "Hal ini agar dapat meningkatkan citra dan kredibilitas TNI Angkatan Darat di mata masyarakat, bangsa dan negara," tandasnya.


    Mengakhiri  masa jabatan sebagai Pangdam XVI/Pattimura, Tampubolon menitipkan pasukan TNI Kodam XVI/Pattimura beserta keluarganya kepada Pangdam XVI/Pattimura dalam keadaan aman dan lengkap. (KT/JP)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa Jabat Pangdam XVI/Pattimura Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top