• Headline News





    Saturday, May 16, 2020

    Rum : Nyaris Adu Jotos Di DPRD Buru Itu Hoax


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Namlea, Kompastimur.com 
    Informasi yang beredar luas di dunia maya bahwa nyaris terjadi adu jotos antara Naldi Wally Dari Partai Gerinda dengan Ketua  DPRD Buru  M Rum Soplestuny, teranyata hanyalah info hoax.

    Menyusul semakin meluasnya Informasi hoax itu, Ketua DPRD Buru, M Rum Soplestuny kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (15/5), menyatakan perlu mengklarifikasi informasi tersebut.

    Rum tegaskan, bahwa oknum yang pertamakali menuliskan informasi hoax yang kini beredar luas di internet facebook tidak pernah hadir saat berlangsung rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati TA 2019 yang berlangsung, Kamis sore (14/5).

    Seharusnya oknum yang bersangkutan menguji informasi yang didapatnya itu dengan melakukan cros cek atau konfirmasi kepada dirinya selaku pimpinan dewan sebelum dibagikan dalam bentuk tulisan di facebook.

    Namun tidak pernah dilakukannya dan langsung diposting ke publik. Padahal info yang didapatnya tidak betul.

    "Katanya nyaris adu jotos itu tidak betul,” tegaskan Rum di hadapan para wartawan.

    Menurut Rum, yang terjadi hanya interupsi dari beberapa anggota dewan yang memasalahksn keterlambatan pembahasan LKPJ Bupati TA 2019 yang sesuai Edaran Mendagri harus sudah selesai dilakukan tanggal 30 april lalu, tapi kini baru berlangsung.

    "Sekali lagi beta tegaskan tidak nyaris terjadi adu jotos "tegasnya lagi.

    Hal yang senada juga disampaikan M Rustam Fadly Tukuboya yang disampaikan pesan terbuka di facebook. Kata Rustam, hanya ada interupsi saat sidang berlangsung dan rekannya Naldy Wally tidak sampai mau adu jotos dengan ketua dewan.

    Sementara itu Rum lebih jauh menjelaskan, dinamika dalam pembahasan Di DPRD Buru adalah hal biasa. Interupsi dari para wakil rakyat adalah hal yang wajar dalam rangka menyampaikan informasi.
    Interupsi dari benerapa anggota dewan yang memasalahkan keterlambatan pembahasan LKPJ karena molor dari batas waktu tanggal 30 April dinilainya masih dalam batas kewajaran.

    Setelah itu sidang  tetap berjalan aman dan lancar. Sekda selanjutnya membacakan nota LKPJ sampai selesai.

    Diakuinya, pada saat interupsi, selaku pimpinan dewan, ia tidak terlalu banyak membuka ruang interupsi bagi anggota-anggota dewan yang lain, karena rana interupsi seragam mempermasalahkan keterlambatan pembahasan LKPJ.

    Menyoal soal keterlambatan, terlebih dahulu Rum menyampaikan maaf ke masyarakat, ini bukan disengajakan, namun dituasional bahaya waspada dan darurat Covid 19 yang kini melanda Indonesia juga turut mempengaruhi.

    "LKPJ yang molor tidak menyalahi aturan karena memang juga kondisi kita bukan kondisi normal. Kalau mengacuh UU Nomor 23 atau tatip DPRD memang sudah lewati. Namun kondisi saat ini tidak normal jadi harus dimaklumi," ucap Rum.

    Sebelum itu, masalah situasional ini juga telah dibahas di banggar dan rapat lintas fraksi. Kemudian semua sepakat diagendakan rapat paripurna tanggal 13 Mei. Namun ditunda tanggal 14 Mei karena hari sudah menjelang sore dan sudah waktunya berbuka.

    Dalam rapat kemarin, juga dilanjutkan dengan rapat penetapan pansus LKPJ dan Pansus Pengawasan Penanganan Covid 19 di Kabupaten Buru. (KT/LTO)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rum : Nyaris Adu Jotos Di DPRD Buru Itu Hoax Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top