• Headline News





    Saturday, May 16, 2020

    Saniri Hitumessing : Penyaluran BLT-DD Harus Tepat Sasaran


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Ambon, Kompastimur.com
    Bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) sudah mulai dicairkan. Validasi data dilakukan secara saksama agar tidak terjadi tumpang tindih hingga penetapan data penerima telah dilakukan. 

    Sekarang, BLT-DD di sejumlah Negeri di Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mulai fi Salurkan. Salah satunya di Negeri Hitumessing kecamatan setempat.

    Saniri Negeri Hitumessing berharap pemerintah Negeri Hitumessing selaku lembaga eksekutif ditingkat negeri dapat menjalankan peraturan terkait penyaluran BLT-DD sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

    Ketua Saniri Hitumessing, Johan Slamat menjelaskan, program BLT-DD itu diperuntukan untuk warga miskin di desa/negeri adalah salah satu upaya pemerintah meringankan beban masyarakat akibat wabah Covid-19. 

    Yang mana, wabah penyakit tersebut sudah diputuskan oleh Presiden Jokowi sebagai Bencana Nasional sehingga semua pihak harus menjaga keberhasilan program BLT-DD tersebut.

    "Kami berharap, pemerintah negeri selaku pihak eksekutif ditingkat negeri dapat menjalankan peraturan dalam hal pembagian BLT. Kami berharap yang dilakukan tepat sasaran," ujar Johan kepada media ini, Sabtu (16/05/2020).

    Ia menjelaskan, sesuai hasi pertemuan antara pemerintah dan saniri negeri Hitumessing serta beberapa tokoh masarakat pada kamis 14 Mei 2020 kemarin, saniri mengusulkan agar penyaluran BLT-DD harus tepat sasara serta sesuwai dengan aturan aturan pemerinta yang berlaku.

    Mengingat sumber anggaran BLT yang begitu besar, yakni 35 persen yang dipotong dari DD negeri untuk masyarakat, sehingga yang menerima BLT-DD itu harus tepat, yaitu kepada tiap Kepala Keluarga (KK) yang layak sesuai dengan aturan pemerintah.

    Kata Johan, saniri sebagai lembaga yang merupakan badan pengawasan dan penyelanggaraan pemerintahan desa/negeri, pihaknya akan mengawasi penyaluran BLT-DD sesuai dengan kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa/negeri.

    "Kami akan mengawal dan mengawasi ini hingga memastikan bantuan tersebut tepat pada sasaran. Kami harap, masyarakat juga harus menerima bantuan itu dengan baik, agar bermanfaat bagi kelangsungan hidup ditengah situasi yang ada," tandasnya. (KT-54)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Saniri Hitumessing : Penyaluran BLT-DD Harus Tepat Sasaran Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top