• Headline News


    Tuesday, March 17, 2020

    Murad Minta Tokoh Agama Jaga Kualitas Pilkada Bursel


    Namrole, Kompastimur.com  
    Gubernur Maluku Murad Ismail meminta kepada seluruh Tokoh Agama yang ada di Bursel untuk menjaga kualitas pesta demokrasi yang akan berlangsung pada september tahun 2020 dalam menentukan pemimpin Lima tahun kedepan.

    Permintaan ini disampaikan Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asissten I Bidang Pemerintahan Setda Bursel, Alfario Soumokil saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Antar Tokoh Agama Di Kabupaten Bursel yang berlangsung di auditorium lantiai II Kantor Bupati Bursel, Selasa (17/3/2020).

    Dalam kegiatan yang mengangkat tema ‘Peranan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Mewujudkan Kerukunan Untuk Pilkada Bursel 2020 Yang Aman Dan Damai’ ini bertujuan untuk mengutakan peran FKUB jelang Pilkada.

    “Pemilihan umum merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana berwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan demokrasi. Pemerintah yang dihasilkan dari Pemilu diharapkan menjadi pemerintahan yang mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah, karena itu diperlukan upaya-upaya dari seluruh komponen bangsa termasuk parah tokoh agama untuk menjaga dan terus meningkatkan kualitas Pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia,” kata Gubernur dalam sambutannya.

    Gubernur sampaikan, fakta menunjuhkan bahwa hingga saat ini telah terjadi satu kecenderungan fenomena penurunan tingkat partisifasi politik masyarakat dalam Pemilu dari tahun ke tahun.

    Untuk Provinsi Maluku, angka partisipasi Pilkada lebih kurang dari 80 %, tetapi fenomena tersebut harus disikapi bersama dengan baik, dan hal ini perlu perhatian khusus dan ekstra dari Pemda serta seluruh masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Bursel tahun 2020.

    “Diharapkan partisipasi masyarakat secara keseluruhan dan kami menghimbau agar pada tanggal 23 September 2020, silakan datang berbondong bondong ke TPS masing-masing untuk menyalurkan hak politiknya, dan jangan ada masyarakat yang tidak menggunakan hak politiknya, karena suara anda adalah masa depan negeri ini,” kata Murad.

    Pelaksanaan Pemilu, lanjutnya, membutuhkan iklim dan kondisi yang kondusif serta suasana damai yang memungkinkan seluruh proses pemilu dapat berlangsung dengan aman, tertib, lancar, efesien, efektif, adil dan demokratis.

    Dirinya mengajak semua masyarakat untuk memahami dinamika sosial politik yang akhir-akhir ini terjadi baik itu melalui media masa atau media elektronik, dan terutama di media sosial yang cenderung meningkat, sehingga semua pihak harus tetap berpikir rasional dan menebarkan kedamaian serta kesejukan di tengah hiruk pikuk tersebut.

    “Kami mengajak agar masyarakat memahami dinamika ini, sehingga momentum Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah Maluku dan lebih khususnya lagi di kabupaten Bursel dapat berjalan dengan aman dan damai,” harapnya.

    Gubernur menjelaskan, kendati masih terdapat berbagai masalah dalam implementasi di lapangan, namun harus diakui bahwa dengan dibentuknya FKUB di provinsi dan kabupaten /kota, berbagai persoalan terkait dengan pembangunan rumah ibadat dan permasalahan antar umat beragama dapat dipecahkan.

    FKUB telah menjadi mitra strategis Pemda dalam meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama dan mewujudkan suasana yang kondusif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

    “Kita juga mengharapkan peran FKUB dalam membina masing masing umatnya agar Pilkada serentak 2020 ini dapat berjalan dengan baik dan sukses,” imbuhnya.

    Dikesempatan itu Gebernur meminta kepada FKUB agar Pertama, terus memberikan seruan dan ajakan kepada seluruh elemen masyarakat; Kedua, menghimbau masyarakat luas untuk tidak dapat melakukan undakan yang dapat menimbulkan gangguan ketentraman dan ketertiban umum, munculnya konflik sosial dan mengganggu kerukunan hidup umat beragama; Ketiga, mendorong terpilihnya kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berintergritas tinggi, religi beraklak mulia, dan tidak cacat moral.

    “Keempat, berperan secara aktif untuk menciptakan suasana yang kondusif dan damai di tengah tengah masyarakat dan bersama sama pemerintah daerah menjaga kondisi stabilitas, keamanan, ketentraman dan ketertiban umum selama berlangsungnya seluruh tahapan pemilu. selanjutnya kami mengalak tokoh tokoh aqama, organisasi kemasyarakatan dan seluruh masyarakat pada umumnya untuk menggunakan hak pilihnya dengan cerdas tanpa terpengaruh kampanye hitam dan prakuk prak'uk politik uang,” tutupnya.  (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Murad Minta Tokoh Agama Jaga Kualitas Pilkada Bursel Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top