• Headline News


    Friday, November 15, 2019

    Desa Hote Raih Juara Lomba Toga dan Akupresur Maluku

    Lagu Terbaik Tahun 2021
    SBT, Kompastimur.com 
    Desa Hote Kecamatan Bula Barat Kabupaten Seram Bagian Timur meraih juara terbaik satu kategori pedesaan dalam lomba toga dan akupresur tingkat Provinsi Maluku tahun 2019. 

    Demikian dikatakan  oleh Sukmawaty Rumakur, Kamis (14/11/19) Via telpon Selulernya.

    Rumakur menjelaskan, proses penilaian ini sudah berlangsung dari Bulan Juli 2019, namun hasil dari lomba ini baru diumumkan pada puncak hari kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 November 2019 di Kota Ambon. 

    Lanjut Rumakur, kegiatan ini merupakan kerja sama antara PKK Provinsi Maluku dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

    Untuk Kabupaten Seram Bagian Timur diwakili oleh kelompok asuhan mandiri wainarang Negeri Hote yang merupakan binaan dari PKK Negeri Hote yang berhasil menjuarai lomba ini dalam kategori pedesaan. 

    Hasil ini berdasarkan keputusan Gubernur Maluku Nomor: 108 Tahun 2019 tentang penetapan pemenang lomba kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional melalu pemanfaatan toga dan akupresur tingkat Provinsi Maluku Tahun 2019.

    "Kelompok asuhan mandiri Wainarang negeri Hote binaannya PKK sebagai pemenang tingkat Provinsi yang diumumkan saat HKN. ini kerja sama PKK Maluku dan Dinkes Maluku
    kriteria di dalamnya juga kebersihan Desa dan SBT unggul karena kader di Desa Hote mampu melakukan pijat akupresur dan di kombain dengan tanaman obat yang ada di Desa,"Ucap Rumakur.

    Ditambahkan, saat diuji, Kader dari Desa Hote yang mewakili Kabupaten Seram Bagian Timur pada kesempatan tersebut mampu meracik ramuan sirup dari temulawak, kopi stamina dan sambiloto.

    Dirinya merasa bersyukur karena kelompok asuhan Wainarang asal Desa Hote ini bisa mengharumkan nama Kabupaten Seram Bagian Timur pada ajang perlombaan Toga dan Akupresur tersebut. Karena beberapa kali perwakilan Seram Bagian Timur mengambil bagian dalam mengikuti kegiatan seperti ini pada Tahun-tahun sebelumnya, namun baru kali ini, Kabupaten Seram Bagian Timur yang diwakili oleh Desa Hote bisa menyabet Juara dengan menyisihkan perwakilan Maluku tengah yang berada pada juara terbaik kedua berdasarkan lampiran dalam keputusan Gubernur Maluku.

    "Binaannya PKK Hote berhasil untuk pertama kalinya mengharumkan nama SBT ditingkat Provinsi. Lomba ini tiap tahun SBT selalu ikut, namun baru kali ini juara terbaik 1," akuinya.

    Untuk diketahui, lomba tanaman obat keluarga (toga) di Kabupaten Seram Bagian Terus dilakukan oleh PKK ditingkat Desa dengan melibatkan warga Desa, terutama desa - desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Bula Barat.

    Hal ini dilakukan sebagai langka maju dan penyadaran tentang betapa pentingnya mengkonsumsi obat-obat herbal dalam kehidupan sehari-hari. 

    Sehingga halaman rumah warga bisa dimanfaatkan untuk menanam obat-obatan serta dilatih agar bisa meracik sendiri obat-obatan alami tersebut. (KT/FS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Desa Hote Raih Juara Lomba Toga dan Akupresur Maluku Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top