• Headline News

    Monday, September 2, 2019

    BAPPEDA Bursel Lounching SMS Center Informasi Perencanaan


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Namrole, Kompastimur.com
    Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) resmi meluncurkan aplikasi berbasis SMS Center Informasi Perencanaan tentang pembangunan yang ada di kabupaten Bursel.

    Peluncuran Aplikasi ini berlangsung di auditorium lantai dua kantor Bupati Bursel, Sabtu (31/8/2019) dan dibuka langsung oleh Sekda Bursel Iskandar Walla.

    Ketua Panitia Kegiatan Jemmy Liligoly dalam laporannya menyebutkan dasar pelaksanaan kegiatan Lounching Aplikasi Sms Center Informasi Perencanaan didasarkan pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan  Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik serta peraturan Bupati Bursel Nomor 43 Tahun 2018 tentang Tata Kelola Aplikasi Sms Center dilingkup Pemda Bursel.

    Dimana, lanjut Liligoly, maksud dan tujuan Bappeda menghadirkan Aplikasi SMS Center ini yakni memperkenalkan kepada masyarakat tentang fungsi dan kegunaannya aplikasi, kemudian mengajarkan bagaimana memahami serta mengoperasikan Aplikasi Sms Center tersebut.

    “Tujuannya pelaksanaan kegiatan ini adalah mendapat masukan guna menyempurnakan aplikasi SMS Center Informasi Perencanaan demi mempermudah akses masyarakat untuk mengetahui apa saja perencanaan pembangunan yang dicanangkan Pemda Bursel,” kata Liligoly.

    Sementara, sambutan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa yang dibacakan Sekda Bursel Iskandar Walla mengatakan, inovasi-inovasi seperti ini sangat diperlukan dan ide cemerlang dengan mengahdirkan SMS Center Informasi Perencanaan ini ini sangat diapresiasi oleh Pemda Bursel.

    “Inovasi SMS Center Informasi Perencanaan seperti ini perlu di apresiasi dalam rangka mempermuda garis koordinasi yang selama ini dipandang masih berjalan sangat lemah, sehingga masih belum terkoordinasi dengan baik dan akhirnya berdapak pada pencapaian atau tidaknya target yang ditetapkan. Untuk itu, dengan hadirnya aplikasi ini dapat mempermuda dan meningkatkan tugas-tugas dibidang pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Tagop.

    Dirinya berharap, dengan hadirnya Aplikasi tersebut, dapat membantu masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran bagi kebutuhan pembangunan di Kabupaten Bursel dan dapat menjadi salah satu sarana koordinasi internal dan external antar OPD maupun dengan instansi vertika dilingkup Pemda Bursel.

    “Saya mengapresiasi terobosan baru oleh BAPPEDA yang telah mengembangkan aplikasi ini sehingga mampu memperpendek rentan kendali dan mempermuda koordinasi antar instansi dalam meningkatkan aksi tanggap cepat terhadap berbagai permasalahan pembangunan di daerah ini,” puji Tagop.

    Sementara Konsultan Aplikasi SMS Center Informasi Perencanaan, Santoso dalam paparannya mengatakan, dengan hadirnya aplikasi ini dapat membangun kemudahan dalam berkoordinasi anatar Pemda dengan seluruh masyarakat Bursel.

    Dikatakan, selain memiliki vitur unggulan dan memiliki nomor ID yang sementara di proses di Telkomsel, aplikasi ini juga berbasis web, dimana masyarakat dapat mengakses langsung ke website aplikasi dan dapat mengirikan keluhan dan saran  langsung dari website tersebut.

    “Fitur utama aplikasi ini adalah memiliki Dashboard Aplikasi, Broadcast Internal, Broadcast antar OPD, Broadcast Terintegrasi ePlan, SMS dan Aspirasi Online Masyarakat, serta REKAPITULASI HASI ASPIRASI,” bebernya.

    Hadir dalam kegiatan itu, kepala Bappeda Bursel Kader Tuasamu, perwakilan konsultan aplikasi dari CV Diginet Media Jogjakarta, Santoso sebagai penyedia aplikasi dan pemateri, para Asisten dan Staff Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Kapolsek Namrole Yamin Selayar, Komandan Kodim Persiapan Mayor Inf. M Saing, dan tamu undangan lainnya.

    Pembuakkaan laucing Aplikasi ini ditandai dengan pemukulan tifa oleh Sekda Bursel didampingi kepala Bappeda Bursel Kader Tuasamu, perwakilan konsultan aplikasi dari CV Diginet Media Jogjakarta sebagai penyedia aplikasi, Santoso, Kapolsek Namrole AKP Yamin Selayar, dan Komandan Kodim Persiapan Mayor Inf. M Saing. (KT/02)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BAPPEDA Bursel Lounching SMS Center Informasi Perencanaan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top