• Headline News


    Thursday, June 27, 2019

    Sekda Provinsi Maluku Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia



    Maluku, Kompastimur.com
    Sekertaris Daerah Provinsi Maluku, Hamin Bin Thahir menghadiri kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2019 yang dipusatkan di Marina Hotel, Kamis (27/6/2019).

    Dalam kesempatan itu, Sekertaris Daerah, Hamin Bin Thahir, menyampaikan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Berdasarkan data organisasi kesehatan dunia (WHO), sebanyak tujuh juta orang meninggal karena polusi udara setiap tahunnya dan upaya untuk mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi menjadi lebih hijau.

    "Contohnya dengan memperbanyak taman kota, membangun trotoar untuk pejalan kaki dan membangun jalur bersepeda. Upaya-upaya tersebut mampu mengurangi polusi dari kendaraan bermotor," katanya.

    Selain upaya tersebut, Hamin menyatakan bahwa pemerintah juga telah mendorong upaya lainnya untuk menekan polusi udara seperti penerapan penggunaan bahan bakar yang lebih bersih dengan bahan bakar setara standar EURO 4.

    "Kita juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program penanaman 25 tahun seumur hidup dalam rangka menjaga kualitas udara, air, tanah dan ekosistem di bumi," ujarnya.

    Hamin juga menyampaikan bahwa secara umum kualitas udara dari tahun 2015-2018 terjadi peningkatan kualitas udara pada 6 provinsi yakni Riau, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, dan Kalimantan Selatan.

    Sedangkan pada wilayah Pontianak, Jambi, Palangkaraya, Padang dan Palembang, juga terdapat waktu-waktu tertentu udara tidak sehat karena kebakaran hutan dan lahan.

    Ketua Panitia Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Maluku , Roy Syauta mengatakan bahwa Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini secara nasional adalah

    “Biru Langitku, Hijau Bumiku”. Adapun tujuan dari diperingatinya Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019 ini adalah mengajak untuk mengendalikan pencemaran udara. (KT/BN)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekda Provinsi Maluku Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top