• Headline News





    Saturday, March 9, 2019

    Hujan Besar, Kota Doba Digenangi Air


    Lagu Terbaik Tahun 2021

     
    Dobo, Kompastimur.com 
    Akibat hujan besar yang melanda Kota Dobo pada Sabtu (9/30) mengakibatkan kota tersebut digenangi air setinggi 15 cm dan hal ini sering terjadi setiap tahun dikala musim hujan tiba.

    Hujan  besar tersebut mulai turun jam 03.00 WIT dini hari sampai dengan jam 11.00 WIT atau jam 11 siang.

    Pantauan media ini hampir sebagaian besar kota Dobo mengalami kebanjiran sampai merendam ratusan rumah warga. Wilayah yang paling parah adalah di RT 003/RW 003 kelurahan Siwalima, dan wilayah tersebut adalah wilayah yang paling terparah karena mengalami dampak banjir akibat meluapnya sungai Namajala.

    Sungai tersebut meluap sampai masuk di rumah-rumah Warga. Nampak terlihat  warga mulai bergegas mengambil tempat sofa atau kursi mereka karena air masuk sampai di dalam rumah setinggi 15 cm.

    Akibat dari dampak buruk banjir tersebut Ketua RT 003/RW003 Ritha Thesman mulai bergerak cepat. Dimana Ketua RT yang merupakan wanita gesit itu langsung memerintahkan warga turun langsung di sungai atau kali tersebut untuk membersihkan kotoran yang berserakan di dalam kali tersebut.

    Kali yang miliki lebar kurang lebih 12 meter dan panjang ratusan meter tersebut nyaris banjir menutupi jembatan yang menghubungkan sungai tersebut.

    Thesman kepada media ini mengakui pihak RT telah meminta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru dalam hal ini Dinas PUPR untuk menormalisasi kali tersebut namun sangat di sayangkan tidak di hiraukan oleh pihak Dinas terkait.

    "Kami sudah berulangkali minta bantuan ke dinas PUPR, tetapi sama saja tak di hiraukan Pemda," singkat Thesman.

    Dikatakan, genagan air yang terjadi disebabkan juga karena kondisi drainase yang buruk.

    “Mungkin juga karena kondisi drainase yang buruk mengakibatkan air meluap genangan air, meluapnya beberapa sungai serta mungkin saja tersumbatnya got yang membuat air tidak berjalan lancar,” ucapnya.

    Dirinya berharap, dengan kejadian ini, ia memintah perhatian pemerintah Kota Dobo agar segera menyikapi hal ini sebelum menelan korban.

    “yang kami harap ada perhatian serius dari pemda, sehingga hal ini dapat diatasi sebelum ada korban barang maupun nyawa,” harapnya. (KT/DW)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hujan Besar, Kota Doba Digenangi Air Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top