• Headline News


    Friday, March 8, 2019

    PDIP Jagokan Lesnussa, Hully dan Umasangaji Sebagai Wakil Bupati Bursel

    FOTO : Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bursel, Sami Latbual
    Namrole, Kompastimur.com
    Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan menjagokan tiga kadernya untuk diusulkan sebagai kandidat Wakil Bupati Buru Selatan (Bursel) pasca meninggalnya almarhum Buce Ayub Seleky 19 Januari 2019 lalu.

    Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bursel, Sami Latbual mengaku tiga kader yang dijagokan pihaknya itu ialah Ketua Dewan Kehormatan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bursel Korneles Hully, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bursel Johan Lesnussa dan Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bursel Ahmad Umasangadji yang dianggap sebagai para kader yang mengerti roh dan semangat perjuangan PDI Perjuangan.

    “PDI Perjuangan akan mempertimbangkan untuk mengusulkan kader-kader yang mengerti roh dan semangat perjuangan partai dan menurut kami ada beberapa kader yang memenuhi syarat untuk itu, diantaranya ada Sekretaris DPC Johan Lesnussa, Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai Korneles Hully, dan Bendahara Partai Ahmad Umasangaji,” kata  Latbual  kepada wartawan, Jumat (08/03/2019) di Namrole.

    Latbual yang pernah mendaftar sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Maluku di PDI Perjuangan ini menegaskan bahwa tiga nama yang kini masuk nominator PDI Perjuangan untuk diusulkan tersebut dianggab memenuhi ketentuan di internal PDI Perjuangan.

    “Dari segi struktural, Wakil Ketua komposisinya sebagai orang kedua di partai setelah Ketua DPC dan setelah itu Sekretaris DPC dan kemudian Bendahara DPC. Mereka ini diprioritaskan karena memenuhi ketentuan, maka dipertimbangkan untuk diusulkan kepada pimpinan DPRD,” ujar Latbual yang juga anggota DPRD Kabupaten Bursel Dapil Kecamatan Namrole-Fena Fafan.

    Tiga nama yang dijagokan itu akan diusulkan ke Pimpinan DPRD Kabupaten Bursel sebagai respon atas Surat Pimpinan DPRD Bursel yang meminta masing-masing partai mengusulkan 2 nama kader untuk mengisi kekosongan Wakil Bupati Bursel.

    Walaupun surat pimpinan DPRD Kabupaten Bursel kepada masing-masing pimpinan partai untuk mengusulkan dua nama untuk mengisi kekosongan jabatan Wakil Bupati itu tidak sesuai ketentuan normatif dan tidak  tepat sasaran serta menimbulkan kerancuhan, namun pihaknya akan tetap menanggapi surat itu sebagai bentuk penghargaan kepada pimpinan DPRD.

    “Seharusnya mengacuh pada pasal 176 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2006, kalau pimpinan DPRD bijaki untuk percepatann pergantian Wakil Bupati, maka seharusnya Pimpinan DPRD menyurati kepada pimpinan partai koalisi untuk melakukan pertemuan demi mempercepat pengusulan pengganti almarhum Wakil Bupati, bukan surat itu tidak dikirm ke masing-masing pimpinan partai sehingga berimbas masing-masing partai mengusung kadernya dua orang.  Itu rancuh,” ujar Latbual yang juga Ketua Partai Koalisi TOP-BU Jilid II itu.

    Calon Anggota DPRD Provinsi Maluku Dapil II Kabupaten Buru-Bursel ini menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyikapi surat pimpinan DPRD itu untuk disampaikan ke pimpinan DPRD dan juga disampaikan kepada pimpinan partai setingkat di atas DPC.

    “Jadi prinsipnya itu PDI Perjuangan Kabupaten Bursel siap berproses untuk posisi Wakil Bupati dan selain kader internal, PDI Perjuangan akan mempertimbangkan kader eksternal yang sepaham dan sejalan dengan semangat perjuangan yang sama, visi misi yang sama maupun komitmen untuk membangun negeri ini ke arah yang lebih baik,” tegas Ketua Fraksi PDI Perjuangan itu. (KT-02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PDIP Jagokan Lesnussa, Hully dan Umasangaji Sebagai Wakil Bupati Bursel Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top