• Headline News


    Thursday, March 7, 2019

    Assiten I Bursel Buka Sosialisasi Peraturan di Bidang Pariwisata


    Namrole, Kompastimur.com 
    Assiten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Bursel Alfario Soumokil membuka dengan resmi Kegiatan Sosialisasi Peraturan di bidang Pariwisata yang belangsung di penginapan Golden Alfri’s, Desa Labuang, Kecamatan Namrole, Kabuapten Bursel, Rabu (06/03).

    Sosialisa Peraturan dengan tujuan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di bidang Pariwisata ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pariwisata Provinsi Maluku bersama Pemkab Bursel melalui Dinas Pariwisata setempat.

    Soumokil saat membacakan Sambutan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa mengatakan Sektor Pariwisata bukanlah sektor yang berdiri sendiri tetapi merupakan industri yang multi sektor.

    “Pariwisata merupakan industri multi sektor dan merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan apresiasi terhadap budaya daerah, menjalin persahabatan antar bangsa maupun individu yang lebih baik secara nasional maupun global,” ucap Soumkil mengutip sambutan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa.

    Dikatakan, penurunan kualitas lingkungan dan keberadaan infrastruktur penunjang pariwisata yang kurang memadai, dan kurangnya pemahaman akan regulasi yang ada, serta kurangnya integrasi antara masyarakat sekitar dengan kawasan pariwisata merupakan foktor yang mempengaruhi perkebangan Pariwisata di Bursel.

    “Harus ada pemahaman dalam hal regulasi tentang kepariwisataan di Maluku, meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pengelola dan pelaku usaha pariwisata dalam pengembangan dan pengelolaan pariwisata, sehingga dapat menciptakan peningkatan kualitas produk, pengelolaan dan pelayanan pariwisata, yang berdampak pada tingginya minat wisatawan, baik domestik, regional maupun internasional dan pada akhirnya akan PAD dari sektor pariwisata,” ucapnya.

    Menutp sambutannya, Soumokil atas nama pemerintah Bursel berharap kerja sama seperti ini dapat terjalin dalam upaya pengembangan sektor pariwisata di Maluku terkhususnya di Bursel.

    “Harapan kami, kegiatan ini memberikan masukan yang positif demi pengembangan pariwisata daerah terkhusus di Kabupaten Bursel dan kiranya jalinan kerjasama ini akan terus ditingkatkan dimasa yang akan datang,” tutupnya.

    Sementara, Kepala bidang pengembangan destinasi dan industri pariwisata dinas pariwisata Provinsi Maluku Katerina C Huwae di sela-sela kegiatan berlangsung mengatakan Sektor pariwisata di Maluku adalah salah satu sektor penyumbang PAD.

    “Kalau bicara soal PAD,  pariwisata memiliki andil penting terhadap sektor-sektor lainnya dan itu terjadi timbal balik. Keberhasilan pariwisata ditentukan oleh seluruh peran pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat,” ucap Huwae.

    Diutarakan, dalam meningkatkan pendapatan di bidang pariwisata seluruh stake holder harus mampu menciptakan iklim yang kondusif, baik ketertiban, keamanan, kualitas produk, kualitas pengelolaan, maupun pelayanan.

    Perkembangan usaha pariwisata di Provinsi Maluku itu kurang lebih 1.446 unit usaha yang tersebar di 11 kabupaten/kota dan penyerapan tenaga kerjanya sudah lebih dari 5.000 orang.

    “Dengan demikian dari 5000 lebih tenaga kerja di bidang pariwisata jika dikalikan 2 saja dari anggota keluarga sudah berapa sumbangsi pariwisata untuk tenaga kerja,” jelasnya.

    Huwae katakan, dari data yang dimiliki Pemprov Maluku, Kabupaten Bursel memiliki kurang lebih 35 jenis usaha, terdiri dari peginapan, rumah makan, dan jasa hiburan umum.

    Diakui, sesuai undang-undang nomor 10 tahun 2009, ada 13 jenis pariwisata dan dari 13 itu ada 62 jenis sub usaha, namun Provinsi Maluku belum mampu merayapi semua usaha dibidang pariwisata tersebut.

    “Kami dari Provinsi Maluku belum dapat memenuhi seluruh dari 13 jenis pariwisata itu. Untuk itu, tugas utama kita adalah bagamana cara menggerakatan masyarakat untuk mengembangakan sektor pariwisata demi meningkatkan kesejahteraan, dan ini dibutuhakan dukungan dari seluruh stake holder,” tuturnya.

    Kegiatan ini selain dihadiri Pemateri Aries Sitaba dari Staff Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, juga dihadiri Kadis Pariwisata Bursel Amelia Solissa bersama staff, Pimpinan OPD, Pelaku usaha, Anggota DPRD dan tamu undangan lainya. (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Assiten I Bursel Buka Sosialisasi Peraturan di Bidang Pariwisata Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top