• Headline News


    Thursday, February 14, 2019

    P3MD SBT: Stunting Isu Nasional



    SBT, Kompastimur.com 
    Stunting adalah gangguan pertumbuhan kronis pada anak akibat kekurangan nutrisi dalam waktu lama dan stunting ini sudah menjadi isu nasional akhir-akhir ini.

    Hal tersebut diungkapkan  oleh Kordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) SBT TA PMD, Djoko Mirtiono Saat dikonfirmasi media ini di Ruang Kerjanya beberapa waktu lalu.

    Dirinya menjelasakan, penanganan Stunting telah diatur dalam Permendes 16 tahun 2018 tentang Prioritas penggunaan Dana desa.

    Selain itu, dalam ketentuan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa pada Pasal 80 ayat 4 juga menjelaskan tentang peningkatan kualitas dan akses pelayanan dasar sebagai prioritas Pembangunan Desa.

    “Untuk itu, P3MD SBT melalui para pendamping Desa telah melakukan sosialisasi tentang Stunting di Kabupaten Seram Bagian Timur pada tingkat Desa. Bahkan mengintervensi melalui Dana Desa untuk memprioritaskan program-program yang berbasis pemberdayaan,” ujar Mirtiono.

    "Melalui Pendamping Desa telah melakukan Sosialisasi  Stunting di setiap Desa Di Kabupaten Seram Bagian Timur.Pihaknya akan Menginterfensi melalui dana desa untuk di tingkatkan Pemberdayaan," terang Djoko

    Dikatakan, target penurunan Stunting dalam RPJMN 2015-2019 menjadi 28% di tahun 2019.

    Rapat Koordinasi Tingkat Menteri untuk penurunan stunting dilakukan dengan pendekatan multi-sektor melalui sinkronisasi program-program nasional, lokal, dan masyarakat di tingkat pusat maupun Daerah.

    Stunting merupakan isu nasional  yang secara umum sudah dilakukan penyebaran informasi dan sampai saat ini pendamping Desa pernah mensosialisasikan.

    “Stunting pada anak, terlihat dari kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan disebut diaman ciri-ciri stunting pada anak dapat dilihat dari perkembangannya, pada usia 8-10 tahun. Anak akan menjadi lebih pendiam, tidak banyak melakukan eye contact, dan performanya menjadi buruk pada tes perhatian dan memori belajar,” jelasnya.

    “Dana Desa saat ini terfokus kepadaa pendidikan dan kesehatan, ini menjadi modal utama kita untuk bagaimana terus mengintervensi terkait program. Stunting ini sudah masuk isu Nasional," tambahnya lagi.

    Dalam melaksanakan MusrembangDes, intervensi program penanganan isu stunting telah dilakukan melalui program Posyandu, karena itu sangat penting dalam penanganan stunting sejak dini.

    “Jika dibiarkan maka akan berakibat buruk untuk generasi yang akan datang,” imbuhnya. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: P3MD SBT: Stunting Isu Nasional Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top