• Headline News


    Monday, January 28, 2019

    Payapo : Jadikan MTQ Sebagai Penyejuk dan Perekat Rasa Persatuan


    Huamual, Kompastimur.com
    Musabaqqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan kegiatan  yang telah mentradisi dan melakat dalam kultur masyarakat bangsa Indonesia. 

    Mengingat event keagamaan ini menjadi media dakwa dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memicu percepatan  pembangunan didaerah  lebihnya khususnya  pembangunan manusia seutuhnya.

    "Pelaksanaan MTQ ini memiliki nilai makna tersendiri  sebagai penyejuk  dan perekat rasa persatuan  dalam  kebhinekaan masyarakat  Kabupaten Seram Bagian Barat,‘’ ucap Payapo dalam sambutannya pada Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten, Jumat, 25 Januari 2019 kemarin.

    Ditambahkannya,  MTQ yang dilaksanakan didataran Huamual dan melibatkan peserta yang tersebar keseluruh pelosok Bumi Saka Mese Nusa itu, serta diyakini mampu menciptakan  nuansa  religius dan menghadirkan suasana yang memberi berkah, rahmat, kesejukan, lahirnya  dan batiniah bagi umat muslim dan seluruh masyarakat Kabupaten SBB.

    ‘’ Marilah dengan MTQ ini dapat kita jadikan sebagai penyejuk dan perekat rasa persatuan dan  menciptakan suasana religious serta menjadi ajang silahturahmi kekeluargaan  serta mempersatukan dalam kebhineka masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat’’ ajak Payapo.

    Lebih lanjut Payapo menjelaskan MTQ juga dapat menjadi momentum silahturahmi yang mengandung nilai – nilai  positif dalam memperkuat rekatan persaudaraan  serta ikatan kebersamaan lintas etnis, umat bergama, dan sesame warga masyarakat  di Kabupaten Seram Bagian Barat.

    "MTQ dapat pula menjadi tolak ukur bagi dinamika pembinaan seni baca Alquran disetiap tingkatan kemasyarakatan  baik pada tingkat Kecamatan, Desa,  dan Dusun dalam wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat," jelas Payapo.

    Payapo kembali mengingatkan, Al Quran sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis  untuk digali dan dikaji lebi dalam, artinya bahwa Al Quran  mengisyaratkan walaupun  seluruh air  laut menjadi tinta dan ditambah dernga laut  yang serupa dan seluruh  pohon dan ranting menjadi pena dan daun menjadi kertas ,pastilah tidak cukup dan habis untuk menuliskan  kalimat – kalimat  hikmah keagungan ALLAH SWT.

    "Payapo menghimbau agar kita semua dalam memeriahkan MTQ dengan memberikan sikap terus memilihara keamanan dan ketertiban serta kestabilan di Bumi Saka Mese Nusa Tercinta ini," Imbuhnya. (KT/MFS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Payapo : Jadikan MTQ Sebagai Penyejuk dan Perekat Rasa Persatuan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top