• Headline News


    Sunday, January 27, 2019

    Bupati Lantik Pengurus DPD Lasqi Kabupaten Buru



    Buru, Kompastimur.com 
    Bertempat di aula Kantor Bupati Buru, Pengurus DPD Lembaga Seni Qasida Indonesia (Lasqi) Kabupaten Buru untuk periode 2017-2022 dilantik Bupati Buru, Ramly I. Umasugi, Rabu (30/01/2019).

    Pelantikan ini turut dihadiri Dandim 1506 Namlea, Letkol Syarifuddin Azis, S.Ag,M.IPol, Ketua Pengadilan Negeri Namlea, Ketua Lasqi Kabuapten Buru, Ny. Sukmawati Umasugi, Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buru.

    Bupati pada kesempatan itu mengatakan, Lembaga Seni Qasida Indonesia atau LASQI merupakan salah satu bentuk lembaga keumatan yang bergerak dalam hal pembinaan seni musik yang bernuansa Islam, dan satrategis untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, berkualitas, bermoral dan berahlak mulia, serta untuk mefilterisasi pergeseran berbagai macam nilai sosial yang kerap kali terjadi di masyarakat, akibat kemajuaan Ilmu Pengetahuan Teknologi (Iptek) yang terfragmentasi.

    “Kecendrungan masyarakat modern yang saat ini sering kita lihat dan perhatikan banyak yang bergaya hidup individulistis dan hedonis, membuat pergeseran niai-nilai sosial kebudayaan, seperti terjadi hampir dalam semua sendi kehidupan kita sehari-hari. Kehadiran dan eksistensi lembaga-lembaga keagamaan memiliki arti yang signifikan dan peran serta fungsinya untuk bisa memilah-milah mana yang baik utuk dilaksanakan, dan yang buruk ditiadakan. Lasqi hadir menjawab itu semua,” tutur Bupati.

    Lanjutnya, program Lasqi selama ini telah dilaksanakan, diharapkan berdampak semakin suburnya sikap hidup masyarakat penuh cinta kasih, karena merupakan bentuk lembaga keumatan yang bergerak dalam pebinaan seni musik.

    “Kiranya Lasqi dapat memupuk rasa kebersaman, membentuk etika dan moral setiap orang untuk menjadi baik, serta dapat menciptakann generasi muda yang berprestasi di bidang Qasida, baik itu berskala besar maupun kecil, dari tingkat Provinsi Maluku sampai tingkat nasional, bahkan internasional,” kata Ramly.

    Untuk menjalankan misi mulia ini, tentunya memerlukan sinergitas segenap Pengurus Lasqi di Kabupaten Buru, serta dukungan Pemerintah Daerah dan masyarakat. Kedepannya Lasqi Kabupaten Buru terjadi garda terdepan dalam membina dan memajukan Seni Qasida dengan kesenian daerah yang dimiliki kabupaten Buru.

    Umasugi juga mengharapkan, Pengurus Lasqi Buru dapat bersinergi dengan lembaga-lembaga kebudayaan untuk menghidupkan dan melestarikan kesenian tradisonal kita yang bernafaskan islam, karena Qasidah merupakan bagian dari Seni Islam yang sarat dengan dakwah, dan mengajak orang untuk taat kepada ajaran agama, membangun budi pekerti dan ahlak mulia, bahkan melarang bentuk kejahatan dan kemungkaran.

    “Seni Qasida yang terwadahi dalam Lasqi meiliki peran strategis dalam pembinaan generasi muda bangsa. Melalui pengembangan Seni Qasida ini, saya berharap dapat menghasilkan para musisi daerah yang handal dan berkuaitas serta mampu bersaing di tingkat provinsi, nasional maupun internasional, yang ditunjukan oleh duta-duta Qasidah Kabupaten Buru pada festival pemilihan bintang vokalis gambus dan festival Qasidah beberapa waktu lalu,” kata Ramly berharap.

    Ia mengatakan, menurut banyak orang yang salah memahami sikap islam terhadap seni, padahal ruang lingkupnya sangat luas, terutama dalam mengeksperesikan keindahan pakaiaan, penampilan, cara tuturnya, hingga keindahan batin yang melahirkan budi pekertiyang harmonis.

    “Setiap agama mempunyai keindahan, namun untuk agama islam, keindahanya terhadap budi pekerti yang lahir dari rasa suci, jiwa yang suci serta akal yang cerdas guna menunjukan kebesaran Allah SWT,” kata Bupati sembari mengucapkan selamat atas diantiknya Pengurus DPD Lasqi Kabupaten Buru 2017-2022.

    Dirinya meminta, saudara-saudara sebagai Pengurus DPD Lasqi Kabupaten Buru dapat membawa Lasqi Kabupaten Buru dengan jabatan yang dipercayakan, sehingga Laqi Buru semakin berkembang dan membawa perubahan bagi Kabupaten Buru lebih baik dalam tugas dan tanggung jawab bersama. (KT/09)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Lantik Pengurus DPD Lasqi Kabupaten Buru Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top