• Headline News


    Sunday, January 27, 2019

    Bupati SBB Buka MTQ Ke VIII Tingkat Kabupaten



    Huamual, Kompastimur.com 
    Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Moh Yasin Payapo dengan resmi membuka Musabbaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII tingkat Kabupaten yang diselenggarakan di Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB yang berlokasi dilapangan sepak bola Desa Luhu dan diikuti oleh 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten tersebut, Jumaat (25/1/2019).

    Bupati SBB Moh Yasin Payapo, dalam sambutannya mengatakan nilai – nilai ajaran Al Quran sebagai pedoman dan pandangan  hidup umat Islam dalam kehidupan bermasyarakat perlu ditumbuh kembangkan  melalui proses  pendidikan baik formal maupun  informal termasuk Musabbaqah Tilawatil Quran.

    ‘’ Ajang Musabbaqah Tilawatil Quran juga diselenggarakan secara berjenjang sampai ketingkat internasional, maka pelaksanaan MTQ harus dapat dimaknai tidak hanya dari sisi kegiatan syiar agama saja, namun umat dituntut untuk lebih  memaknainya secara komprehensip akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya,’’ ujar Payapo.

    Pemahaman dan kesadaran akan nilai-nilai moral tatanan kehidupan, menurut orang nomor satu di SBB itu, perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap umat  sebagaimana tema MTQ yakni "Mewujudkan Nilai – Nilai Qur’an Dalam Kehidupan Orang Basudara".

    Dengan demikian, MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan  rutinitas  serimonial semata, tetapi mampu menjadi momentum yang membawa perubahan dalam mewarnai pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan lebih khususnya " PAR KASE BAE " Bumi Saka Mese Nusa tercinta, dalam mencapai harapan dan impian daerah demi Mewujudkan Masyarakat Kabupaten SBB Yang Berbudi Pekerti Luhur, Aman, Sejahtera, Adil, dan Bermartabat.

    “Hal ini tidak terlepas dari kesungguhan kita semua, baik pemerintah daerah, instansi lembaga terkait dan peran serta masyarakat dalam pengembangan pembinaan seni Al Quran,” ungkapnya.

    Lanjutnya, penyelenggaraan MTQ juga dapat diharapkan memacu rasa kecintaan dan kerinduan masyarakat, lebih khusunya umat muslim untuk senantiasa mempelajari dan memahami serta menjiwai Al Quran sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupannya dimuka bumi.

    Payapo pun  berharap, semoga pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten SBB ke VIII di Kecamatan Huamual dapat melahirkan para Qori dan Qoriah, Hafidz Hafidzah, Muratil dan Muratilah terbaik yang akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Maluku di Kabupaten Buru serta event-event nasional MTQ XXVIII di Padang, Sumatra Barat. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati SBB Buka MTQ Ke VIII Tingkat Kabupaten Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top