• Headline News


    Sunday, July 29, 2018

    Rumata: Potensi Wisata SBT Belum Tergarap



    SBT, Kompastimur.com 
    Salah satu dari sekian bidang yang mendorong laju pengembangan pembangunan daerah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, adalah potensi Pariwisata.

    Hal ini diungkapkan oleh salah satu tokoh Pemuda SBT, Abdul Rasyid Rumata, kepada media ini, Sabtu (28/7) via telpon selulernya.

    Dikatakan, SBT yang dikenal sebagai pemilik pulau terbanyak di Maluku, tentunya harus dimanfaatkan sebagai ladang pembangunan di bidang pariwisata.

    Sebut saja Pulau Koon yang sudah viral sejak dulu hingga sekarang, namun viralnya tersebut hanya berlaku secara lokal bagi masyarakat disekitar pulau terapung tersebut.

    Selama ini pulau Koon dan sederetan pulau-pulau kecil yang berdekatan, mirip keindahan Raja Ampat di Papua, namun belum menjadi icon untuk menarik minat wisatawan.

    Belum lagi menengok potensi Pulau Igar, Pulau Goha, Pulau Nukus, Kidan dan lain-lain. Hal ini disebabkan oleh lemahnya penelitian atau survey pemetaan pulau berpotensi pariwisata di SBT.

    "SBT ini kabupaten dengan pulau terbanyak, namun tidak dikelola dengan baik. Penyebabnya adalah lemahnya pemetaan atau survey pulau yang berpotensi Wisata. SBT itu tak beda jauh dengan Raja Ampat," ucapnya.

    Selain memiliki sederetan pulau terindah, SBT memiliki aset pariwisata terbesar yakni Danau Soli yang puluhan tahun lalu selalu dikunjungi wisatawan manca Negara, dan telah menambah devisa bagi daerah.

    Relokasi area wisata seperti Danau Soli, diperlukan perhatian serius, mulai dari sarana hingga kebersihan, keamanan dan kenyamanannya sebagai lokasi wisata.

    Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Daerah SBT melalui Dinas Pariwisata dan dinas yang memiliki keterkaitan sudah harus berinovasi, sehingga SBT tidak harus kalah saing dengan Raja Ampat di Papua, Kuta Bali di Bali, Pantai Birra di Sulawesi Selatan, dan masih banyak lagi area wisata yang bisa dijadikan acuan.

    "Dinas Pariwisata dan dan dinas lain yang memiliki keterikatan sudah harus beinovasi sehingga SBT tidak kalah saing dengan Daerah wisata lainnya," harap Rumata.
                                               
    Selain dari wisata pulau, pantai dan danau, ternyata SBT kaya dengan aset wisata, sebab daerah ini memiliki cagar budaya dari sisi sejarah tersendiri, memiliki adat, kesenian tradisional berupa tarian dan nyanyian tertentu (nagan).

    Dinas Pariwisata diharapkan tidak duduk di tempat, tapi harus melakukan banyak kerja lapangan terkait hal ini agar kedepan Kabupaten SBT sudah harus dikenal karena wisata dan budayanya. (KT-FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rumata: Potensi Wisata SBT Belum Tergarap Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top