• Headline News


    Friday, October 20, 2017

    LPPM Gelar Sosialisasi Lokalatih Bagi Pimpinan Institusi Adat Maluku

    Piru, Kompastimur.com
    LPPM menggelar kegiatan sosialisasi Lokalatih bagi para Pimpinan Institusi Adat Maluku dalam program pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan, Kamis (19/10).

    Kegiatan yang dilaksanakan di Resort Pulau Osi Desa Piru, Kecamatan Seram Barat selama tiga hari itu dihadiri Asisten 1 Setda Kabupaten SBB Paulus C Pical, Camat Huamual Belakang M Yususf Hatala dan Ketua LPPM Pier Wairisal.  

    Pical dalam sambutannya mengungkapkan selaku pemerintah daerah Kabupaten SBB sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan yang sementara ini dijalankan oleh LPPM Maluku sebagai mitra pemerintah dalam mengeksporasi sumber daya alam yang ada di negri-negri  Buano.

    ”Saya juga sangat yakin bahwa LPPM memiliki output dalam memberikan pemahaman serta tanggung jawab sehingga mampu menyatukan persepsi bagi sumberdaya alam. Pelaksanaan ini juga berawal dari pelaksanaan program repitalisasi lokal untuk pengelolaan sumber daya alam di Bumi Saka Mese Nusa,” ungkap Pical.

    Tambahnya, pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan Pulau Buano pernah dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2017 lalu. Sama halnya dengan lokalatih yang saat ini dijalankan oleh LPPM Maluku, hal ini merupakan perwujudan dari tindak lanjut perhatian kita semua khususnya pemerintah pada umumnya dalam mengimplementasikan kearifan lokal agar sumber hayati kawasan Pulau Buano dapat dilestarikan.

    Dirinya menghimbau pada peserta kegiatan ini bahwasanya terlepas dari kegiatan hari ini kiranya kembali ke daerah masing-masing, para peserta dapat mengimplementasikan dalam lingkungan masyarakat dan dapat difungsikan demi kelangsungan generasi.

    “Satukan pikiran, imajinasi kearifan lokal dalam memaksimalkan keakuratan pengetahuan serta fungsi-fungsi adat dan juga kembangkanlah diskusi yang baik dan berkualitas,” ujarnya.

    Di tempat yang sama, Ketua LPPM Maluku Pier Wairisal mengatakan, lembaga adat Pulau Buano memiliki modal sosial penting dalam upaya melestarikan sosial budaya alam karena mereka memiliki pengaruh dan hak ulayat di daerah kekuasaan mereka.

    “Lembaga adat memiliki peran sebagai media pengorganisasian dalam lingkungan masyarakat dan dapat menciptakan ketertiban sosial sehingga menjadi lembaga pengendaluan sistem nilai-nilai norma dalan masarakat Buano," terangnya.

    Selain itu, tambahnya, kita berikan mereka pemahaman tentang adat bahwa adat tidak dapat terpisahkan dengan sebuah aturan yang mengikat suatu lembaga dalam negri adat tersebut, sehingga kegiatan seperti ini kita mengajak kepala-kepala soa untuk meningkatkan kapasitas serta peran so dalam melestariakan sumber daya alam. (KT-MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: LPPM Gelar Sosialisasi Lokalatih Bagi Pimpinan Institusi Adat Maluku Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top