• Headline News


    Friday, June 2, 2017

    DPRD Nilai Dinas Pendidikan SBB Acuh Atasi Pemerataan Guru

    Piru, Kompastimur.com
    DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menilai Dinas Pendidikan setempat acuh dalam melakukan pemerataan guru di Kabupaten berjuluk Saka Mese Nusa itu.

    “Pemeratan Guru ASN harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten SBB.  Pemerataan guru ASN merupakan pekerjaan rumah yang dari tahun ke tahun disuarakan oleh Komisi C kepada Dinas Pendidikan SBB. Namun, tidak pernah ada realisasi pemerataan guru ASN,” kata Ketua Komisi C DPRD SBB, La Maaruf Tomia, S.Pd, kepada Kompastimur.com, Jumat (2/6)   

    Dirinya mencontohkan, salah satunya di Dusun Rahai, Pulau Kelang, Kecamatan Waesala, Kabupaten SBB, dari masa kepemimpinan Benjamina D. Puttileihalat, Syane Puttileihalat hingga Hanifa Hehanussa, SD Negeri Rahai hanya memiliki satu guru ASN.

    Tomia dalam kunjungannya ke Pulau Kelang, Desa Sole, Kecamatan Waesala, Kabupaten SBB, mendapati “kasus” yang terbilang “kacau” dalam dunia pendidikan. Dimana, sekolah kelas jauh yang berada di Dusun Jawasakti, Desa Sole, Kecamatan Waesala memiliki sekolah induk pada SD BPD Amaholu Los,  Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB.  Dimana, rentan kendali antara kelas jauh dan sekolah induk sangat terbilang jauh karena mencapai jarak puluhan kilo meter.

    Namun, lanjut Tomia, dalam rapat dengar pendapat  Komisi C dengan Dinas Pendidikan SBB untuk membahas hal tersebut pun terkadang mengalami jalan buntuh. Pasalnya pihak Dinas Pendidikan SBB selalu tak hadir.

    Selain itu, Tomia pun menyoroti, pegantian Kepala Sekolah selama ini pun tanpa melalui prosedur yang tepat. Pasalnya, sejak Dinas tersebut dikondangi oleh  Hanifa Hehanussa,  selalu saja ada Kepala Sekolah yang dimutasikan atau dipindahkan tanpa sebab.

    “Ini sangatlah tidak etis, saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi C,  Dinas Pendidikan diwakili oleh Sekretaris Dinas. Kami Komisi C menolak, dan mendesak agar Kepala Dinas sebagai pengambil kebijakan di Dinas yang harus hadir,” tandasnya (KT-MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD Nilai Dinas Pendidikan SBB Acuh Atasi Pemerataan Guru Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top