• Headline News

    Friday, June 2, 2017

    Warga Desa Iha dan Luhu Dapat Bantuan Ternak dari Kodam XVI Pattimura


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Piru, Kompastimur.com
    Jajaran Kodam XVI Pattimura Ambon, Jumat (2/6) menyerahkan bantuan ternak kambing kepada masyarakat Desa Luhu dan Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

    Acara penyerahan bantuan itu turut dihadiri langsung oleh Bupati SBB, Moh Yasin Payapo dan jajaran Pemerintah Kabupaten SBB.

    Payapo dalam sambutannya mengatakan,  Kabupaten  SBB sejak terbentuk Tahun 2004 telah mempunyai visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pemanfaatan lahan tidur untuk sub sektor peternakan.

    Olehnya itu, pihaknya berharap dengan adanya bantuan dari Kodam XVI Pattimura Ambon dapat memacuh semangat kelompok tani ternak penerima bantuan untuk memelihara ternak tersebut.

    Dikatakan, masyarakat harus mengejar ketertinggalan daerah ini melalui kerja keras sehingga Kabupaten SBBt dapat menjadi setara, bahkan lebih maju dengan wilayah lain di  Indonesia.

    Untuk diketahui, salah satu bentuk Memorandum of Understanding (MoU) Dinas Pertanian dan  Peternakan Maluku dengan Kodam XVI Pattimura serta BUMN adalah program ternak Kambing untuk peningkatan ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi rakyat.

    Bantuan peternakan di Maluku dan Maluku Utara berdasarkan kerjasama Kodam XVI/Pattimura dan BUMN, yakni ternak kambing sebanyak 5000 ekor.

    Sementara untuk Program Emas Biru, pihak Kodam XVI Pattimura  bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk meningkatkan sumber daya kelautan dan budidaya ikan yang berkualitas tinggi.


    Selain itu, adanya program sejuta pohon yang merupakan upaya Kodam XVI Pattimura untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meredam potensi konflik yang ada serta mengembalikan kejayaan Maluku sebagai penghasil rempah rempah.

    Sementara, pihak Kementerian BUMN yang diwakili oleh Pertamina Areal Meneger CSR dan SMEEP Maluku/Papua, Syarifudin mengatakan Pertamina merupakan BUMN mempunyai kepedualian yang sangat besar dalam bidan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    “Kegaiatan ini bekerja sama dengan Kodam XVI Pattimura bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan kegiatan ini bukan hanya di Desa Luhu dan Desa Iha saja ,tetapi di berbagai wilayah Kodam XVI Pattimura. Kementerian BUMN berterimakasih kepada Panglima Kodam XVI Pattimura dan jajarannya atas kerja samanya selama ini,” jelasnya.

    Untuk diketahui, dalam acara penyerahan bantuan ternak tersebut, Desa Iha memperoleh bantuan Kambing sebanyak 25 Ekor dan Desa Luhu sebanyak 25 ekor.

    Turut hadir dalam penyerahan ternak dimaksud,  Aster Kasdam XVI Pattimura Kolonel Inf Ali Alimudin, Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Ahmad Fikri Dalimunte, Pabandya Wanmil Sterdam VXI/PTM Letkol Inf Y. Priyatna, Wakapolres SBB Kompol Jhon Pikahuly, Areal Maneger CSR dan SMEEP Maluku/Papua, Kepala BPMD R. Silooy, Kadis Pertanian Manzur Tianotak, Kadis Koperasi Steve Paliama, Inspektur SBB A. Titawano, Kepala BPBD S. Solissa, Kadis Perhubungan Adjait, Kabag Humas dan Protokol J. Teterima, Pabung SBB Kodim 1502/Masohi Mayor Inf D. Mado, Pejabat Desa Luhu Abdul Gani Kaliky, Sekretaris Desa Iha Hasan Kaisupy, serta warga masyarakat Desa Luhu maupun warga masyarakat Desa Iha yang berjumlah kurang lebih 50 orang. (KT-MFS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Warga Desa Iha dan Luhu Dapat Bantuan Ternak dari Kodam XVI Pattimura Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top