• Headline News


    Wednesday, March 27, 2024

    Musrembang RKPD Bursel Tahun 2025 Resmi Digelar

    Namrole, Kompastimur.com
    Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) kabupaten Bursel menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, Rabu (27/3/2024).


    Kegiatan yang dibuka oleh Sekda Bursel, Ruslan Makatita ini berlangsung di aula lantai dua kantor Bupati Bursel dan dihadiri oleh, Kepala Bappeda dan Litbang Bursel, Melkior Solissa, Assiten I Setda Bursel, Ridwan Nyio, Asisten II Setda Bursel, Hadi Longa, para pimpinan dinas/ badan dilingkup Pemda Bursel, para akademisi, perwakilan TNI/Polri, dan tamu undangan lainnya.


    Sekretaris Bursel, Ruslan Makatita saat membacakan sambutan Bupati Hj. Safitri Malik Soulisa mengatakan, proses perencanaan pembangunan telah diamanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2024 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan secara teknis di jelaskan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD. 


    Ia menjelaskan, Musrenbang Kabupaten dilaksanakan untuk proses penajaman, penyelarasan, klarifikasi terkait rencana kerja Pemda yang telah di susun untuk mendapatkan penyempurnaan melalui beberapa masukan dan saran dari stokeholder terkait. 


    "Sebagaimana kita ketahui, beberapa tahapan perencanaan pembangunan telah di lalui dan Musrenbang hari ini, merupakan acara puncak yang menandai bahwa proses finalisasi rancangan rencana kerja pemerintah daerah untuk tahun 2025," ucap Makatita.

    Meski demikian, ia mengingatkan kepada semua peserta Musrembang bahwa setelah tahapan perencanaan ini selesai, akan di lanjutkan dengan tahapan penganggaran melalui penyusunan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara, serta penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah.


    "Dengan demikian saya berharap, seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah beserta jajarannya tetap selalu memegang teguh komitmen yang disepakati bersama nanti, khususnya terkait kegiatan strategis daerah dan program prioritas daerah," tegasnya.


    Makatita menyebut, sejak di lantik dan bertugas, Bupati Bursel, Hj. Safitri Malik Soulisa telah berusaha dan bekerja keras memberikan yang terbaik untuk masyarakat dengan meninjau ke lapangan, melihat, mendengar dan berdialog secara langsung dengan masyarakat terkait berbagai permasalahan yang di hadapi, serta harapannya terhadap pemerintah daerah. 


    Selanjutnya, pemerintah daerah nantinya akan merumuskan berbagai program strategis dan prioritas daerah dalam menghadirkan berbagai perbaikan dan perubahan terhadap persoalan yang di hadapi. 


    "Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh perangkat daerah dan jajaran ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Bursel untuk tetap bersemangat dalam bekerja, berinovasi dan selalu berupaya memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat," pintanya.


    Terkait hal tersebut, Makatita menyebut ada beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian oleh seluruh aparatur di lingkup pemerintah Kabupaten Bursel di antaranya, seluruh usulan Musrenbang kecamatan dan pokok - pokok pikiran DPRD, nantinya di sepakati untuk diakomodir dalam Renja perangkat daerah tahun 2025 dengan tetap memperhatikan azas pemerataan wilayah, urgensi, kelengkapan dokumen yang di persyaratan serta sinkron dengan prioritas pembangunan Kabupaten, Provinsi dan nasional di tahun 2025.


    Kemudian, melakukan evaluasi atas pelaksanaan program dan kegiatan yang telah di laksanakan secara berkala, sehingga teknis pelaksanaan program dan kegiatan dapat meraih tujuan yang di harapkan. 


    Selanjutnya, tim anggaran Pemda Bursel melakukan evaluasi secara cermat, dalam pengalokasian anggaran seluruh perangkat daerah, dengan memperhatikan hasil evaluasi capaian kinerja dan keuangan perangkat daerah tahun-tahun sebelumnya.


    "Ini semua harus dilakukan sehingga perumusan kegiatan serta pengalokasian anggaran dapat dilakukan secara objektif dan efisien dengan pendekatan money follow program agar proyek strategis daerah dan program prioritas daerah dapat di kawal hingga selesainya tahapan pengganggaran," ujarnya.

    Menutup sambutannya, ia berharap semoga Musrembang Kabupaten Bursel tahun 2025 dapat membawa Bursel semakin maju dan mampu bersaing dengan kabupaten/kota yang ada di Maluku.


    "Semoga Musrenbang RKPD Kabupaten Bursel tahun 2025 dapat menjadikan Kabupaten Bursel menjadi lebih maju lagi di masa yang akan datang," tandasnya.


    Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan rencana dan rancangan program Kabupaten Bursel oleh Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bursel, Melkior Solissa. (KT/03)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Musrembang RKPD Bursel Tahun 2025 Resmi Digelar Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top