• Headline News



    Tuesday, November 21, 2023

    OMB Salawaku 2023-2024, Itwasda Polda Maluku Dan Kapolres Bursel Tinjau Gudang Logistik KPU

    Namrole, Kompastimur.com
    Dalam rangka kesiapan  pelaksanaan Pemilu 2023-2024 di wilayah hukum Polres Buru Selatan (Bursel) dan untuk menunjang kelancaran dan kesuksesan dalam penyelenggaran pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 nanti, pentahapan Pemilu telah dilaksanakan oleh pihak penyelenggara dan pendistribusian logistik pemilu pun telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.


    Guna memastikan pendistribusian logistik Pemilu tersebut, Kapolres Bursel AKBP M. Agung Gumilar, S.I.K, selaku Kepala Operasi (Kaopsres) Buru Selatan bersama ketua Tim Wasops Itwasda Polda Maluku, dalam hal ini Auditor 2 Itbid 2 Itwasda Polda Maluku Kompol W. B. Minanlarat, SH bersama kedua anggota timnya melakukan sidak sekaligus peninjauan dan memeriksa secara langsung pada gudang logistik KPU yang merupakan tempat penyimpanan logistik pemilu 2024 yang beralamat di Jl. Laksadya Leo Watimena Desa Lektama Kecamatan Namrole Kabupaten Bursel.


    Dimana terhitung mulai tanggal 20 Oktober 2023, Polri dari tingkat Mabes Polri sampai ke Polres jajaran di seluruh wilayah NKRI, telah menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024.


    Operasi ini sebagai langkah kesiapan dalam mengamankan dan mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024. Polres Bursel yang berada didalam wilayah Hukum Polda Maluku telah melakukan operasi tersebut dengan menggunakan sandi Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku 2023-2024.


    Kapolres selaku Kaopsres Bursel disela-sela kunjungan mengatakan pihaknya hanya ingin memastikan kesiapan dan kesigapan personel Polres Bursel yang melaksanakan tugas penjagaan dan pengamanan pada Gudang Logistik KPU dan memeriksa secara langsung keamanan logistik Pemilu pada gudang logistik KPU.


    Setelah memeriksa ruangan Gudang logistik, Kapolres Bursel juga memberikan masukan kepada pihak KPU untuk memperhatikan saluran fentilasi udara yang terbuka yang berpotensi terjadi rembesan air disaat hujan yang bisa masuk dan merusak logistik Pemilu.


    "Untuk fentilasi ditutup saja takutnya ada air hujan yang masuk dan harus diperhatikan supaya tidak terjadi kerusakan logistik dari adanya rayap pada lokasi Gudang Logistik," ucap Kapolres.

    Ia juga mengingatkan perlu adanya perhatian khusus untuk jaringan listrik pada Gudang Logistik guna mengantisipasi terjadinya kebakaran karena hubungan arus pendek (korsleting).


    Selanjutnya untuk menjamin kebutuhan keamanan pada Gudang logistik maka Kapolres menganjurkan agar gudang tersebut perlu dilengkapi dengan CCTV.


    "Untuk keamanan Gudang ini sebaiknya dipasang CCTV guna meminimalisir segala bentuk gangguan," tandasnya.


    Pada kesempatan tersebut Ketua Tim Wasops yakni Auditor 2 Itbid 2 Itwasda Polda Maluku Kompol W. B. Minanlarat, SH turut memberikan masukan dan penguatan kepada penyelenggara pemilu.


    "Perlu adanya Sinergitas antar pihak penyelenggara demi terwujudnya pemilu yang berintegritas," ucap Kompol W. B. Minanlarat.


    Ia juga mengajak baik KPU maupun Bawaslu dalam melakukan pengembangan tahapan kesiapan Pemilu harus selalu berkoordinasi dengan pihak Polres Bursel guna mengantisipasi adanya potensi gangguan yang akan muncul.


    "Pada intinya harus selalu memperhatikan cara pengiriman logistik dari pihak penyedia serta memastikan keamanannya," tandasnya.


    Menanggapi masukan Kaopsres dan Ketua Tim Wasops, pihak KPU Bursel yang diwakili oleh Kepala Divisi (Kadiv) Data dan Informasi, Nurdin Soumena mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Bursel serta rombongan dari Polda Maluku dalam melakukan pengecekan pada Gudang logistik KPU.


    Terkait dengan pemenuhan standar pengamanan logistik, pihak KPU Bursel sendiri telah diperintahkan oleh KPU RI untuk melakukan pemasangan CCTV namun sampai saat ini sedang diusahakan oleh pihak sekretariat.


    Soumena juga menyebut, terkait pendistribusian logistik ke kecamatan-kecamatan maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda Bursel terkait penggunaan Feri Tanjung Kabat dan pihak Polres untuk pengamanan logistik tersebut.


    "Sudah pasti kita akan kordinasi dengan Polres untuk pengamanan pendistribusian logistik ke kecamatan-kecamatan dan juga dengan Pemda untuk menggunakan Feri Tanjung Kabat dalam akomodasi," ucap Soumena.


    Ia mengaku untuk pendistribusian logistik ke Gudang KPU sampai saat ini berjalan aman, lancar dan tidak ada masalah.


    "Sejauh ini logistik yang masuk berjalan lancar dan aman. Logistik yang sudah masuk itu kotak suara, bilik suara, tinta, sama kabel ties," terangnya.

    Lanjutnya, pihak KPU saat ini sementara menunggu logistik yang lain yang saat ini sementara berproses.


    "Yang sementara berproses itu surat suara dan formulir-formulir yang saat ini sementara dimonitoring oleh ketua KPU dan sekretaris KPU Bursel," tandasnya.


    Turut hadir didalam kegiatan tersebut Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Bursel AKP Obed Nego Reimialy, S.Sos, selaku Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi (Karendalops), Kasat Binmas Polres Bursel Iptu M. Yusuf Ali, SH, Selaku Kepala Analisa dan Evaluasi (Kanev), Kepala Divisi (Kadiv) Data dan Informasi KPU Bursel Nurdin Soumena, dan Staf Bawaslu Bursel, Abdurahman Latuconsina. (Red)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: OMB Salawaku 2023-2024, Itwasda Polda Maluku Dan Kapolres Bursel Tinjau Gudang Logistik KPU Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top