• Headline News


    Sunday, May 14, 2023

    Peringati Perjuangan Kapitan Pattimura, PERKASA Bursel Gelar Jalan Sehat

    Namrole, Kompastimur.com
    Persatuan Keluarga Besar Saparua (PERKASA) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar jalan sehat memperingati perjuangan Thomas Matulessy (Kapitan Pattimura) ke 206 tahun 2023.


    Jalan sehat ini berlangsung di Namrole, Sabtu (13/5/2023) pukul 05.00 WIT dini hari.


    Rute Jalan Sehat ini dimulai dari alun - alun tribun kota Namrole, bergerak ke arah Kantor Bawaslu Bursel, lanjut ke pertigaan rumah almarhum mantan Wakil Bupati Bursel, Buce Seleky, putar turun ke arah gereja GPM Waekam, lurus ke pertigaan Polsek Namrole, belok ke arah BRI, lanjut lurus ke perempatan pasar Kai Wait, belok ke Tugu Kai Wait dan finish kembali di alun-alun Tribun kota Namrole.

    Rombongan kegiatan jalan sehat ini dilepas oleh Wakapolres Bursel, Kompol Novy Sapulette yang juga pembina PERKASA Bursel.


    Start jalan sehat ini di tandai dengan pembakaran obor dari pembina PERKASA Bursel, Kompol Novy Sapulette dan saat finish obor kemudian diserahkan ke Ketua PERKASA Bursel, Keny Luhukay.


    Peserta jalan sehat terdiri dari pengurus dan pembina PERKASA Bursel, keluarga besar PERKASA Bursel, Ketua Persekutuan organisasi kampung di Maluku yang ada di kabupaten Bursel. 



    Jalan sehat ini begitu meriah karena disertai dengan hadiah Door Prize yang begitu menggiurkan. Ada Kulkas, Mesin cuci, Lemari, TV, Sepeda, Magic com, kipas angin, Speaker aktif, dan masih banyak lagi.

    Pembina PERKASA Bursel, Kompol Novy Sapulette dalam sekapur siri mengatakan sebagai generasi Pattimura harus tetap setia dan loyal kepada pemimpin sebagai tanggung jawab kita bersama melihat kebersamaan persekutuan.


    "Dengan kebersamaan segala hal bisa kita lalui. Kita harus berjalan bersama dan saling merangkul antara satu dengan yang lain," ujar Sapulette.


    Ia mengajak seluruh generasi Pattimura muda untuk tetap menjadikan semangat Pattimura sebagai inspirasi dalam meniadakan segala bentuk ketidak adilan.


    "Jadikan semangat perjuangan Pattimura sebagai inspirasi untuk meniadakan segala bentuk ketidak adilan disekitar kehidupan kita. Teruslah maju Pattimura-Patimura muda," tandasnya.


    Sementara Ketua PERKASA Bursel, Kenny Luhukay mengungkapkan bahwa Jalan Sehat perayaan perjuangan Pattimura tersebut adalah yang pertama digelar di Bursel.

    "Momen ini baru pernah terjadi di Namrole, Kabupaten Bursel. Sebagai ketua PERKASA Bursel, beta mengajak katong samua untuk termotivasi maju dan meneruskan semangat perjuangan Kapitan Pattimura," ucap Luhukay.


    Dalam era modernisasi ini, semua orang dituntut harus mampu bersaing. Untuk itu, sebagai anak-anak Saparua, sebagai generasi emas Maluku dan sebagai Pattimura-Pattimura muda kita harus cerdas dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.


    "Jadikan semangat perjuangan Pattimura untuk berjuang dan terus maju, cerdas serta berdaya saing demi kemajuan negeri tercinta," pintanya.


    Diakhir penyampaiannya, Luhukay mengajak semua yang hadir untuk bersatu memajukan Bursel, memajukan Maluku dengan warisan semangat perjuangan yang ditinggalkan Kapitan Pattimura.


    "Mari basudara katong baku gandeng, majukan Bursel, majukan Maluku. Lawamena Haulala, maju terus pantang mundur," tandasnya. (Red)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peringati Perjuangan Kapitan Pattimura, PERKASA Bursel Gelar Jalan Sehat Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top