• Headline News


    Wednesday, February 22, 2023

    LOPI Hadir Guna meningkatkan Kapasitas Guru dan siswa Dalam Olimpiade Sains

    Ambon, Kompastimur.com
    Bagi Guru yang akan mempersiapkan dirinya mengikuti olimpiade Sains Nasional (OSN) di Jakarta maka harus mengikuti kegiatan peningkatan kualitas dan kapasitas guru yang digelar Lembaga Olimpiade Sains Indonesia (LOPI) Prestasi Indonesia pada Senin (20/2/2023)


    Kegiatan ini di ikut sertakan pada lima  kecamatan yang ada di kota Ambon dan di danai oleh APBD tahun 2023.


    Demikian disampaikan Ketua LOPI, Donal Tambunan dari Jakarta. Ia mengatakan seperti yang di ketahui bersama dari Dinas Pendidikan Kota Ambon melaksanakannya di tahun ini untuk guru guru, guna  mempersiapkan siswa - siswi  untuk mengikuti OSN tingkat kabupaten yang akan  di selenggarakan pada bulan Mei di tingkat kabupaten/kota.


     "Sedangkan untuk tingkat nasional di selenggarakan pada bulan Juli," katanya.


    "Kegiatan ini berjalan selama satu minggu bagi guru - guru yang akan membina para siswanya di sekolah menjelang olimpiade di tingkat kabupaten kota," tambahnya.


    Katanya, LOPI Prestasi Indonesia mengharapkan agar dalam pembinaan ini, akan muncul guru - guru terpilih, atau guru terbaik untuk membina para siswa di tingkat SD  dan SMP bidang IPA dan matematika.


    "Kami berharap akan muncul guru - guru terbaik ,karena LOPI sudah memberikan binaan kepada mereka selama satu minggu," jelasnya.


    Selain memberikan pembinaan untuk guru, Lopi juga turut membina para siswa - Siswi untuk  mendapatkan siswa -siswi terbaik dari hasil pembinaan.


    Ia menambahkan, Olimpiade sains tidak berbicara mengenai materi kurikulum di sekolah tetapi materi yang sudah pada level atas standar. Bagi Siswa yang lolos di tingkat kota dan provinsi, serta Tingkat Nasional akan di persiapkan oleh dinas pendidikan kota dan LOPI.


    "Dinas pendidikan kota  dan LOPI Prestasi Indonesia akan mempersiapkan siswa  - siswi yang lolos di tingkat kota ke provinsi dan sampai pada ajang Nasional," ungkapnya.


    Menurutnya, pembinaan dari lopi prestasi sudah sangat terbukti di seluruh Indonesia dan pembinaan Lopi tidak perlu diragukan lagi.


    "Perlu di ketahui bersama, pola pembinaan terhadap anak yang mengikuti olimpiade berbeda dengan anak yang mengikuti kurikulum di sekolah," jelasnya.


    Menurutnya pembinaan maksimal sebagai pembekalan untuk guru dan siswa sekurang kurangnya tiga tahun agar guru dan siswa sudah punya kesiapan untuk olimpiade.


    "Karena Untuk tingkat nasional anak - anak di persiapkan secara khusus oleh orang yang sudah terbiasa membina anak - anak peraih medali," tandasnya.


    Disamping itu, ia sangat berharap ada dukungan dari semua pihak, baik itu dinas pendidikan, dari guru terhadap siswa yang masuk pada ajang olimpiade tersebut, maupun dari anak itu sendiri. Tetapi yang utama adalah dukungan dari orang tua termasuk lingkungan tempat tinggal siswa - siswi.


    "Di rencanakan kedepannya LOPI akan bekerja sama dengan Universitas Pattimura (UNPATTI) untuk sarana prasarana laboratorium sebagai pendukung minat bakat anak yang mengikuti olimpiade. Perlu diketahui oleh kita semua bahwa  yang di bekali bukan hanya guru tetapi beberapa dosen turut terlibat untuk  di bekali dan  membina siswa terkait olimpiade tersebut," tutupnya. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: LOPI Hadir Guna meningkatkan Kapasitas Guru dan siswa Dalam Olimpiade Sains Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top