• Headline News


    Friday, December 2, 2022

    Bahas Solusi dan Cegah Terjadinya Konflik di Wilayah Maluku Pangdam Coffee Morning Bersama Forkopimda dan Para Tokoh

    Ambon, Kompastimur.com - Kodam XVI/Pattimura menggelar pertemuan santai dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan akademisi yang dikemas dalam kegiatan _Coffee Morning_, bertempat di Lobby Makodam, Jumat (02/11/2022). 


    Kegiatan ini merupakan tahapan rekonsiliasi yang sudah berjalan dan meningkatkan radikalisme dan memperkokoh perdamaian di Maluku, serta pertemuan ini untuk membuka kran komunikasi dan ajang silaturahmi antara seluruh instansi pemerintah dengan masyarakat, sehingga langkah penyelesaian masalah di daerah dapat diselesaikan. 


    Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. dalam sambutannya menuturkan, pertemuan santai dan terbuka itu diharapkan dapat menelurkan berbagai ide segar terkait penyelesaian masalah di Maluku saat ini yaitu konflik yang terjadi antara Pelauw dan Kariu mulai dari membangun sinergitas komunikasi, permasalahan kendala dilapangan, hingga strategi langkah penangannannya. 


    "Inilah salah satu wujud keharmonisan kita untuk menjalin tali silaturahmi sehingga Provinsi Maluku dan Maluku Utara tetap aman, damai dan kondusif, selain itu juga membahas berbagai persoalan yang berkembang di masyarakat," ungkap Pangdam. 


    Pangdam juga menghimbau kepada tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda supaya dapat menjadi penyambung lidah pada setiap kebijakan pemerintah untuk sampai kepada masyarakat, agar informasi, berita dan kebijakan tersebut utuh dan lengkap tanpa distorsi atau kesalahpahaman yang mengakibatkan munculnya berita hoax.


    Pangdam juga mengapresiasi kedua Raja baik itu Raja Kariu dan Raja Ori dalam penyelesaian konflik sehingga terus berjalan hingga saat ini baik itu Rekonsiliasi, Rekontruksi dan Rehabilitasi. 


    Dalam kesempatan yang sama juga diisi dengan sosialisasi wasbang oleh Ketua LPM IAIN Ambon, Dr. Abidin Wakano tentang penguatan karakter kebangsaan dalam menangkal bahaya radikalisme dan memperkokoh pertalian sejati hidup orang basudara. 


    Pangdam juga berharap diakhir tahun ini dapat menyongsong tahun yang lebih baik, dan konflik-konflik serupa tidak terjadi lagi dan menutup tahun 2022 ini dengan sejuk,tentram aman nyaman dan damai." Tutup pangdam.


    Demikian Dalam kesempatan bersama Komandan Lantamal IX , Brigjen Said Latuconsina  juga menyatakan sebagai  Angkatan Laut siap dalam memberikan   tenaga dan dukungan dalam mencegah Radikalisme dan menebarkan pesan-pesan perdamaian di Maluku sehingga terciptanya   Maluku yang Aman dan Kondusif 


    Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan foto bersama antara Pangdam XVI/Pattimura dengan peserta Coffe Morning. 


    Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan De Fretes, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Danlantamal IX/Ambon Brigjen Mar Said Latuconsina, Kepala Kejaksaan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Maluku. 


    Hadir pula Kepala Bakamla Zona Maritim Timur, Danlanud Pattimura Ambon, Kepala BNN, Kepala Basarnas, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Rektor Unpatti, Rektor IAIN, Rektor UKIM, Kepala Bea Cukai, Kepala KPPN, Kepala Balai JMP dan Kepala KPKNL Ambon, Ketua MUI Provinsi Maluku, Ketua Majelis Latupati, Ketua Muhammadiyah Ambon, Ketua Uskup Diosis Amboina, Ketua GP Ansor Maluku, Ketua Walubi Ambon, Ketua Sinode GPM, Ketua PHDI Maluku, Ketua HIPAKAD Provinsi Maluku, Ketua FKPPI dan PPM serta Ketua PWI Maluku. Para Raja, Ketua dan pengurus BEM Unpatti, BEM IAIN dan BEM UKIM. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bahas Solusi dan Cegah Terjadinya Konflik di Wilayah Maluku Pangdam Coffee Morning Bersama Forkopimda dan Para Tokoh Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top