• Headline News


    Friday, September 9, 2022

    Kapolsek Pulau Haruku Ikut Ta'alasi

    Haruku, Kompastimur.com - Kapolsek Pulau Haruku, Iptu Julkisno Kaisupy mengikuti kegiatan ritual adat pencucian serta pembersihan keramat (Ta'alasi) oleh sebagian masyarakat Negeri Pelauw dan Negeri Kailolo yang berlokasi pada Makam (Keramat) Upu Pandita Anamahu, Rabu (8/9/2022).


    Ta'alasi yang di gelar warga dua kampung di pulau Haruku ini dilakukan menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2022.


    Kapolsek Pulau Haruku, Iptu Julkisno Kaisupy dalam keterangannya menuturkan, personil yang terlibat dalam pengamanan sebanyak 20 anggota Polsek Pulau Haruku dibantu 10 anggota Koramil 1504-07 / Pulau Haruku.


    "Jumlah Tokoh Adat, Staf Pemerintah Negeri beserta masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ritual Ta'alasi kurang lebih 300 orang," ucap Kaisupy.


    Ia menjelaskan sekitar pukul 10.30 Staf Pemerintah Negeri, Tokoh Adat serta masyarakat mendatangi lokasi Makam (keramat) Upu Pandita Anamahu dengan membawa berbagai sesaji atau ta'alasi oleh kaum perempuan.


    Selanjutnya pada Pukul 11.00 WIT kegiatan ritual adat pencucian dan pembersihan makam (keramat) Upu Pandita Anamahu dilaksanakan oleh masyarakat.


    "Kegiatan ritual adat pencucian serta pembersihan makam (keramat) tersebut selesai pada pukul 15.00 WIT dan diakhiri dengan doa sekaligus acara makan patita (makan bersama) oleh seluruh warga," terangnya.

    Menurut Kaisupy, ritual adat pencucian serta pembersihan makam (keramat) atau Ta'alasi merupakan tradisi turun - temurun oleh nenek moyang warga Negeri Pelauw maupun Negeri Kailolo.


    "Tradisi ini harus dipertahankan karena tujuan Ta'alasi sendiri adalah untuk mengganti dan memasang atap - atap rumah makam (keramat) yang sudah rusak sekaligus membersihkan lingkungan disekitar makam (keramat). Kegiatan Ta'alasi berjalan dengan aman dan lancar," tandasnya. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    There is no other posts in this category.
    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kapolsek Pulau Haruku Ikut Ta'alasi Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top