• Headline News





    Saturday, July 18, 2020

    Louhenapessy Sebut Dana Bantuan Korban Gempa Bumi 2019 Aman


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompastimur.com 
    Pemerintah Kota Ambon meminta masyarakat Kota Ambon korban gempa bumi tahun 2019 silam untuk sedikit bersabar terkait pencairan dana bantuan kepada masyarakat korban terdampak.

    Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sendiri, masih mencari waktu yang tepat untuk proses pencairan itu.

    Richard Louhenapessy, walikota Ambon kepada wartawan (17/7/2020) menuturkn, saat ini Kota Ambon dan dunia sedang berada dalam pandemi COVID-19,  dimana masyarakat sedang kesusahan terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok, karena adanya pembatasan-pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah.

    “untuk dana tersebut belum dapat dicairkan untuk mencegah masyarakat memanfaatkan dana tersebut untuk membeli bahan pokok dan bukannya membangun rumah sesuai dengan peruntukan dari dana tersebut. Dananya sudah ada, cuma kita jaga jangan sampai salah dimanfaatkan oleh masyarakat,’’ ucap Louhenapessy.

    Lanjutnya, kalau dana itu dibagikan dalam situasi Covid ini, kemudian penerima dana memanfaatkannya membeli sembako misalnya, dan tidak membangun rumah, maka dana ini sudah pasti penggunaannya akan salah sasaran.

    “Kami Pemkot menunggu waktu yang pas. Itu kan mereka punya hak, kecuali kita pakai untuk putar, itu kita salah dan itu tidak terjadi. Ini soal waktu saja. Kita akan cari waktu yang pas, dan dana itu akan kita bagikan,” ujarnya.

    Sebagaimana diketahui sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demmy Paais mengungkapkan, dana korban gempa telah ditransfer oleh pihaknya ke rekening masing-masing korban bencana namun tidak dapat digunakan karena belum ada tim penanganan yang dibentuk.

    “Tidak ada masalah cuma itukan dana sudah di transfer ke rekening masyarakat masing-masing tapi masyarakat korban itu mereka tidak bisa kelola dana itu,” terangnya.

    Untuk dana tersebut sementara ini sedang dibekukan karena masyarakat korban bencana tidak dapat menggunakan dana tunai tersebut dengan sendirinya.

    “Itu harus dikelola oleh tim yang akan langsung tangani mereka punya pembangunan rumah. makanya dana itu sudah ditransfer ke masyarakat tapi sementara di blokir,” tuturnya. (KT/05)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Louhenapessy Sebut Dana Bantuan Korban Gempa Bumi 2019 Aman Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top