• Headline News





    Monday, May 4, 2020

    Tagop Serahkan BLT DD Bagi Masyarakat Waesama


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Namrole, Kompastimur.com 
    Ketua gugus Tim Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang juga Bupati setempat, Tagop Sudarsono Soulisa menghadiri acara launcing penyaluran Bantuan Langsung Tunai, Dana Desa (BLT DD) kepada keluarga miskin sekaligus memberikan secara simbolis bantuan tersebut kepada masyarakat di Kecamatan Waesama, kabupaten setempat, Sabtu (2/5/2020).

    Acara launcing penyaluran BLT Dana Desa T.A 2020 tahap perdana itu, dilakukan secara simbolis. Bupati langsung menyerahkan realisasi bantuan ini kepada perwakilan masyarakat di Empat Desa, masing – masing Desa Simi, Desa Waemasing, Desa Waisili dan Desa Waitawa dengan besaran BLT adalah Rp 600.000/Orang.

    Secara rinci sesuai dengan daftar penerima BLT, untuk Desa Simi sebanyak 222 Orang, Desa Waemasing, 150 Orang, Desa Waisili 184 orang  dan Desa Waitawa 148 orang. Momen pembagian ini tampak mendapat diapresiasi oleh masyarakat di Kecamatan Waesama.

    Bupati di kesempatan itu menyampaikan bahwa pemerintah saat ini terus mengupayakan tindakan-tindakan guna menekan berbagai dampak yang dirasakan masyarakat akibat pandemi COVID-19.

    “Salah satu kebijakan itu adalah memberikan Bantuan Langsung Tunai atau BLT kepada masyarakat di Bursel yang terdampak selama COVID-19, ” tuturnya.

    Ia menjelaskan, landasan hukum pemberian BLT tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Desa PDTT (Permendes) Nomor 11 Tahun 2020 dengan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Program Padat Karya Tunai Desa

    Tagop menyebutkan sasaran penerima BLT paling utama adalah keluarga miskin non Program Keluarga Harapan (PKH) atau masyarakat yang menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

    “BLT juga akan diberikan bagi masyarakat yang belum terdata dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit,” ungkapnya.

    Kendati begitu, namun menurutnya ada mekanisme yang harus dilakukan sebelum bisa mendapatkan program BLT Dana Desa, yaitu pendataan oleh desa dan selanjutnya akan disalurankan.

    Tagop menyampaikan, pemerintah saat ini memberikan BLT Desa bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat miskin di perdesaan yang terdampak situasi Virus Corona.

    Besaran BLT adalah Rp 600.000/bulan/ Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan selama 3 bulan, yaitu April hingga Juni 2020.

    Tagop menambahkan seperti yang diketahui, alokasi jumlah Dana Desa untuk BLT disesuaikan dengan total Dana Desa 2020 yang diperoleh setiap desa. Jika desa memperoleh di bawah Rp 800 juta maka alokasi BLT sebesar 25%.

    Jika desa memperoleh Rp 800 juta – Rp 1,2 miliar maka alokasi BLT sebesar 30%, dan jika desa memperoleh di atas Rp 1,2 miliar maka alokasi BLT mencapai 35% dari Dana Desa atau lebih dengan persetujuan pemerintah Daerah sesuai aturan yang berlaku.

    Lebih jauh ia menegaskan bahwa, dalam penyaluran BLT ini, Kepala Desa merupakan pihak yang bertanggung jawab atas penggunaan, penyaluran hingga pertanggungjawaban BLT Desa tersebut.

    “BLT Dana Desa merupakan program prioritas yang harus dianggarkan oleh Pemerintah Desa. Jika Pemerintah Desa tidak menganggarkan BLT Dana Desa, Pemerintah Desa akan dikenakan sanksi mulai dari pemotongan Angaran hingga penghentian penyaluran Dana Desa tahap berikutnya. Pendampingan dan pengawasan terhadap pemanfaatan BLT Dana Desa ini akan di dilakukan oleh Pemerintah Daerah,” tutupnya. (KT/02)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tagop Serahkan BLT DD Bagi Masyarakat Waesama Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top