• Headline News


    Thursday, April 16, 2020

    DPRD SBB Sepakat Anggarkan 5,5 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

    Piru, Kompastimur.com
    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) sepakat anggarkan 5,5 milyar dari anggaran perjalanan dinas untuk penanganan Covid-19, anggaran 5,5 miliar disepakati bersama dalam rapat pimpinan komisi, pimpinan fraksi serta unsur pimpinan DPRD SBB.

    "Kita telah sepakati bersama memotong anggaran perjalanan dinas dan beberapa anggaran yang diprioritaskan milik DPRD SBB untuk dialihkan ke penanganan Covid-19 sebesar 5,5 milyar. Anggaran tahun 2020 yang sudah dianggarkan untuk keperluan DPRD SBB ditiadakan dan dialihkan untuk anggaran penanganan Covid-19,” kata Ketua DPRD SBB, Abdul Rasyid Lisaholith kepada Kompastimur.com diruang kerjanya di Piru, Rabu (15/4/2020). 

    “Dan ini akan disampaikan kepada pemerintah daerah Kabupaten SBB untuk digabungkan dengan anggaran Covid-19 milik Pemda SBB supaya ditetapkan dan diupload dalam satu anggaran daerah untuk penanganan Covid-19,” tambahnya.

    Dalam masalah penanganan Corona (covid-19), DPRD SBB juga bertanggung jawab membantu masyarakat untuk perangi penyebaran Corona (Covid-19), dan DPRD SBB mendukung langkah - langkah preventif yang dilakukan Pemda dan tim gugus tugas pencegahan dan penyebaran Covid-19 dalam menyikapi wabah mematikan ini.

    "Pada prinsipnya DPRD SBB siap untuk segala hal terkait dengan Covid-19, ini harus cepat kita lakukan karena kita mau selamatkan kabupaten Seram Bagian Barat dari ancaman wabah virus Covid-19,” ujar Rasyid. 

    Selain itu DPRD SBB, mengharapkan agar pemerintah daerah secepatnya melakukan penghitungan untuk bagaimana bersama-sama mengalokasikan anggaran untuk pencegahan covid-19 yang telah disampaikan oleh Bupati SBB.

    Namun sampai hari ini DPRD SBB sifatnya masih menunggu apa yang disampaikan oleh Bupati itu sudah dilakukan oleh tim anggaran pemerintah daerah atau belum. Sebab pada prinsipnya DPRD siap dalam segala hal terkait dengan penanganan covid-19,

    “Secepatnya dilakukan karena kita ingin selamatkan kabupaten Seram Bagian Barat dari ancaman Covid-19,” tandasnya.

    Soal program 5,5 milyar untuk penanganan Covid-19, kata Rasyid terkait dengan teknis itu kewenangannya ada di pemerintah daerah dan tim gugus tugas Covid-19 kabupaten Seram Bagian Barat supaya bisa merincikan program-program apa saja dalam penanganan virus tersebut.

    “Pada prinsipnya bahwa diharapkan anggaran ini untuk program-program memerangi covid-19 ini apa saja yang penting diperuntukkan memerangi covid-19 di wilayah ini," paparnya.

    Sedangkan dengan adanya informasi yang disampaikan oleh tim gugus provinsi Maluku bahwa satu warga SBB positif Covid-19, dan informasi yang didapatkan terakhir kalau pasien sudah dalam masa penyembuhan, maka DPRD SBB berharap dengan adanya kasus ini semua elemen dapat menyatakan sikap dan saling bahu-membahu untuk mejadikan covid-19 sebagai musuh bersama.

    “Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati dan prinsipnya DPRD SBB ingin supaya SBB aman dan terhindar dari wabah Corona ini,” tegasnya.

    Usul Rasyid kepada masyarakat Seram Bagian Barat, dengan adanya wabah mematikan yang menghantui dan meresahkan ini dan belum tahu kapan virus ini akan berakhir maka pihaknya menghimbau agar masyarakat dapat mengkomsumsi pangan lokal dan tidak bergantung pada beras.

    “Saya selaku ketua DPRD SBB himbau agar masyarakat memanfaatkan pangan lokal Maluku seperti, sagu, kasbi dan ubi-ubian lainnya agar stok makanan kita tetap bertahan sampai di kemudian hari," ajaknya.

    Olehnya, Rasyid berharap dan mengajak semua element baik masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan organisasi untuk bekerja sama bagaimana saling membantu memutuskan mata rantai Covid-19.

    “Semua elemen mari kita bergandeng tangan untuk mencegah covid-19 dan mengikuti himbauan pemerintah untuk menjaga kesehatan kita agar terhindar dari penularan Virus Covid-19. Jaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan. Lebih pentingnya mengurangi aktifitas di luar rumah, dan tetap menggunakan masker kalau bepergian. Warga harus tetap waspada dengan menjauhi tempat-tempat keramaian,” ajaknya. (KT-MFS)

    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD SBB Sepakat Anggarkan 5,5 Miliar Untuk Penanganan Covid-19 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top