• Headline News


    Sunday, November 24, 2019

    Kejar Deadline, DPRD Tana Toraja Maraton Bahas RAPBD 2020


    Tana Toraja, Kompastimur.com  
    Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020 di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tana Toraja hingga saat ini belum tuntas.

    Padahal, deadline pengesahan APBD tahun 2020 tersisa enam hari lagi atau paling lambat 30 November 2019 APBD sudah harus ditetapkan.

    "Masih ada waktu beberapa hari bagi dewan untuk menuntaskan pembahasan RAPBD 2020 untuk ditetapkan menjadi APBD. Kami optimistis, APBD 2020 bisa ditetapkan tepat waktu," kata Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi di gedung DPRD Tana Toraja, Minggu (24/11/2019).

    Welem mengatakan, untuk mengejar sisa waktu yang tinggal beberapa hari lagi, pembahasan RAPBD tahun 2020 dilakukan secara maraton. Pembahasan yang sudah di tingkat Badan Anggaran (Banggar) dengan mengundang Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dilakukan hingga tengah malam. Bahkan, pembahasan RAPBD pun dilakukan pada hari Minggu.

    Setelah pembahasan di tingkat Banggar, kata Welem, masih ada beberapa tahapan lagi sebelum APBD 2020 ditetapkan. Jika pembahasan RAPBD disepakati antara Banggar dan TAPD akan dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Pendapat Umum Fraksi, pembahasan di tingkat komisi, kemudian Rapat Paripurna Pendapat Akhir Fraksi serta Persetujuan Fraksi untuk penetapan APBD 2020.

    "Kami upayakan APBD 2020 ditetapkan tepat waktu. Jika tidak, dampak dari keterlambatan itu Tana Toraja akan dapat sanksi dari pemerintah pusat," jelas Welem.

    Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Tana Toraja, Margaretha Batara menambahkan, tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) siap mengikuti jadwal pembahasan anggaran 2020 di DPRD.

    "Semua berharap, RAPBD 2020 bisa ditetapkan menjadi APBD 2020 tidak lewat dari 30 November 2019," ujarnya.(KT/Febry)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kejar Deadline, DPRD Tana Toraja Maraton Bahas RAPBD 2020 Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top