• Headline News


    Saturday, December 21, 2019

    Kapolresta Serahterimakan 4 Pejabat

    Ambon, Kompastimur.com
    Empat jabatan di lingkup Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Sabtu (21/12) diserahterimakan.

    Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang langsung memimpin upacara serah terima jabatan empat jabatan penting masing-masing Wakapolresta, Kasatlantas, Kasat Sabhara serta Kapolsek Pulau Haruku.

    Wakapolresta Kompol Ferry Mulyana Sunarya menempati jabatan baru sebagai PS Kasubbid Wabprof Bidpropam Polda Maluku sementara jabatan yang ditinggal Mulyana belum ada penggantinya karena dengan kenaikan tipologi Polres menjadi Polresta maka jabatan setingkat Wakapolresta harus menunggu keputusan Kapolri.

    Selanjutnya, Kasatlantas Iptu Fiat Ari Suhada menempati posisi baru sebagai Paur Seksi BPKB Subdit Regident Ditlantas Polda Maluku. Posisi yang ditinggalkan Suhada  dijabat AKP Ganesha Sinambela sebagai PS Kasatlantas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. 

    Kemudian Kasat Sabhara dari sebelumnya Iptu Hafifi Yagelissa kepada AKP Josep de Fretes. Keduanya hanya bertukar posisi karena Yagelissa menggantikan de Fretes sebagai Kasat Sabhara Polres SBB sementara de Fretes diangkat sebagai PS Kasat Sabhara Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. 

    Sedangkan Kapolsek Pulau Haruku dari pejabat lama Ipda Aris kepada pejabat baru Iptu Karimuddin. Aris dimutasikan sebagai Kapolsek Elpaputih Polres Maluku Tengah sementara Karimuddin sebelumnya sebagai Wakapolsek Salahutu Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

    Mutasi ini berdasarkan surat keputusan Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa dengan nomor keputusan : 309/XII/2019 tanggal 10 Desember. 

    Dalam amanatnya Kapolresta mengungkapkan, dengan bergesernya Kompol Ferry Mulyana Sunarya ke Bidpropam Polda Maluku, maka ini sejarah pertama Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease tidak memiliki Wakapolres, sehingga semua tugas dan kewenangan Wakapolresta untuk sementara diambil alih langsung oleh Simatupang selaku Kapolresta. Demikian kata Simatupang dalam amanatnya selaku inspektur upacara sertijab.

    “Ini bagian dari sejarah pertama di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease tidak ada pejabat Wakapolresta. Sudah menjadi konsekuensi kenaikan tipologi Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menjadi Polresta sehingga pastinya berpengaruh pada struktur organisasi. Sehingga untuk sementara tugas dan kewenangan Wakapolresta, saya ambil alih sampai ada pejabat Wakapolrestanya,” jelas Wakapolres.

    Kapolresta mengatakan jabatan dalam organisasi kepolisian merupakan sebuah hal yang biasa untuk penyegaran organisasi. 

    Demikian juga merupakan salah satu promosi kepada para personil yang berprestasi dimana pastinya akan mendapat jabatan sebagai salah satu bentuk perhatian dari pimpinan.

    Kapolresta  mengucapkan terima kasih atas semua pengabdian dan dedikasinya selama bertugas di Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease hingga mendapat kenaikan tingkat menjadi Polresta.

    “Kepada Kompol Ferry yang mendapat jabatan sebagai PS Kasubbid Wabprof Bidpropam Polda Maluku, ini merupakan promosi karena jabatannya sekarang merupakan job pangkat AKBP. Walaupun belum waktunya naik pangkat AKBP, kita doakan semoga pada waktunya bisa mendapat kenaikan pangkat AKBP. Saya ucapkan terima kasih karena sudah membantu saya selaku Kapolresta walau waktunya singkat hanya sekitar 30 hari,” ajak Kapolresta.

    Mantan Kapolres Buru ini juga mengucapkan  terima kasih kepada Iptu Fiat Ari Suhada, Iptu Hafifi Yagelissa serta Ipda Aris karena telah membantu tugasnya selama sebulan ini. 

    Banyak sudah tugas serta hal-hal positif yang ditorehkan para pejabat lama ini sehingga Simatupang sangat mengapresiasi keberadaan mereka.

    Dan kepada para pejabat baru yaitu AKP Ganesha Sinambela, AKP Josef de Fretes serta Iptu Karimuddin, Kapolresta menyampaikan selamat bertugas di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. 

    Tak lupa ia mengingatkan mendapat tempat tugas baru pasti tantangan tugas serta suasana akan berbeda. Karena itu, ia meminta kepada para pejabat baru untuk segera menyesuaikan dengan lingkungan tugas yang baru. 

    “Kepada para pejabat baru, selamat bergabung dan bertugas di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Yang pasti tantangan tugas di tempat tugas yang baru akan berbeda. Ada suasana baru di lingkup tugas yang baru. Karena itu saya berharap untuk segera menyesuaikan dengan lingkup tugas yang baru,” harap kapolresta. (KT-DM)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kapolresta Serahterimakan 4 Pejabat Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top