• Headline News


    Thursday, October 24, 2019

    Sekolah Siaga Kependudukan Di Kukuhkan Wawali Ambon

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompastimurcom
    Memahami berbagai pengetahuan tentang kependudukan, kini Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Ambon diresmikan.

    Peresmian sekolah ini dilakukan oleh Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler yang digelar di Pattimura Park Ambon, Kamis kemarin.

    Wakil Walikota, Syarif Hadler dalam arahannya menjelaskan, secara umum SSK adalah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan Keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pendalaman materi pembelajaran, yang didalamnya terdapat faktor kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik.

    Hal ini dimaksudkan juga sebagai upaya pembentukan generasi berencana, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan guru akan mampu mengintegrasikan isu kependudukan dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013.

    “Dengan kehadiran SSK ini diharapkan dapat memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal masing-masing siswa, tetapi juga menumbuhkan sikap bertanggungjawab dan perilaku adaptif yang berkaitan dengan dinamika kependudukan,” kata Wawali.

    Disampaikan, pembentukan SSK ini tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam menghasilkan generasi genaarasi yang produktif dan bermanfaat bagi kota ambon dan sekitarnya.

    “Pada era ini jumlah usia produktif 15-64 tahun proporsinya lebih dari 50 persen dibandingkan dengan usia non produktif 0-14 tahun dan lebih dari 65 tahun, daerah ini juga perlu dipersiapkan generasi yang berkualitas agar pada saatnya nanti tenaga kerja yang melintang akan membawa berkat bukan malah menjadi bencana,” imbuhnya.

    Ditambahkan, saat ini di kota Ambon telah terbentuk 69 Kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. Dan sosialisasi program genre pada kalangan remaja khususnya di sekolah-sekolah sangat efektif karena komunikasi yang dijalin dilakukan dengan pendekatan dari oleh dan untuk remaja itu sendiri, sehingga PIK remaja menjadi rumah bagi mereka sendiri.

    Sebab, selain mendukung program genre secara khusus Pik remaja juga dapat membantu dalam mensosialisasikan program kependudukan dan keluarga berencana secara umum dan berkelanjutan.

    “Selama ini dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana Kota Ambon pernah melakukan program advokasi penyuluhan dan komunikasi informasi, edukasi tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta telah memfasilitasi dan mengembangkan Pik Remaja di sekolah-sekolah di Kota Ambon. Kedepan, kelompok ini dapat bertumbuh dan berkembang dalam memberikan informasi kepada teman sebaya khususnya para remaja, sehingga remaja di kota Ambon akan terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” tutupnya. (KT/12)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekolah Siaga Kependudukan Di Kukuhkan Wawali Ambon Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top