• Headline News


    Tuesday, October 29, 2019

    Pemdes Labuang Gelar Musrembang dan Bahas RKPDes 2020


    Namrole, Kompastimur.com 
    Dalam rangka menyusun dan menetapkan program prioritas bagi pembangunan desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Labuang, Selasa (29/10) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dan Pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) untuk tahun 2020.

    Kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Labuang, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) ini berlangsung tepat pukul 17.00 WIT dan dihadiri oleh Kepala Desa Labuang Muhammad Rentua beserta para KAUR, Tenaga Ahli Kabupaten Bursel, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD, Sekertaris Kecamatan Namrole, Babinsa Labuang, para Pendamping Desa, Pendamping Kecamatan, Ketua BPD dan perangkatnya serta puluhan masyarakat Desa Labuang.

    Kepala Desa Labuang, Muhammad Rentua ketika ditemui wartawan di Balai Desa Labuang mengatakan bahwa Musrenbang adalah Forum Perencanaan program yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, yang bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya untuk menyusun sejumlah program pembangunan di desa.

    Rentua mengaku, agenda seperti ini akan terus dilaksanakan untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) dan menetapkan program-program desa yang mensejahterahkan masyarakat Desa Labuang.

    “Penyusunan dokumen RKP Desa selalu diikuti dengan penyusunan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa), karena suatu rencana apabila tanpa anggaran sepertinya akan menjadi dokumen atau berkas belaka. Kedua dokumen ini tidak terpisahkan, dan disusun berdasarkan musyawarah dan mufakat,” jelas Pria yang akrab di panggil Mato ini.

    Lanjutnya, RKP Desa dan APB Desa merupakan dokumen dan infomasi publik sehingga Pemdes Labuang merupakan lembaga publik dan wajib menyampaikan informasi publik kepada warga masyarakat.

    “Keterbukaan dan tanggung jawab kepada publik menjadi prinsip penting bagi pemerintah desa sehingga apa yang akan dihasilkan dalam Musrembang nanti sekiranya diharapkan dapat menjadi program yang mensejahterahkan masyarakat,” paparnya.
    Kepala Desa energik ini berharap semua masyarakat di desa dapat mengambil peran dan turut mensupport Pemdes Labuang agar apa yang nantinya dihasilkan dapat bermanfaat bagi semua elemen.

    “Sebagai pemerintah Desa kami berharap masyarakat di desa dapat turut terlibat serta mensupport program pembangunan di desa agar manfaat pembangunan serta program pemberdayaan dapat terlaksana sesuai dengan apa yang sama-sama telah kita rencanakan," pungkas pria yang baru memimpin Desa Labuang 8 bulan ini. (KT/07)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemdes Labuang Gelar Musrembang dan Bahas RKPDes 2020 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top