• Headline News


    Saturday, October 12, 2019

    BISA Silaturahmi ke Tetua Adat Waesama

    Namrole, Kompastimur.com 
    Kendati belum memperoleh rekomendasi partai politik untuk bertarung pada kontestasi pilkada Buru Selatan (Bursel), namun pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024, Bahtiar La Galeb dan Sami Latbual (BISA)  pada Jumat (11/10/2019) mulai melakukan silaturahmi lintas kecamatan dari Namrole sampai Waesama demi meminta doa restu dari tokoh-tokoh adat dan masyarakat sepanjang desa dan dusun yang ditemui.

    Dalam silaturahmi pasangan BISA yang di agendakan ini, sayangnya tak sempat di hadiri oleh Bakal Calon Bupati Bahtiar La Galep karena sementara berada di luar Bursel dan hanya Bakal calon Wakil Bupati Sami Latbual yang melakukan tour Kai Wait tersebut.

    Dari Namrole, menuju Oki Baru, BISA menyambangi tetua adat disana. Tak hanya itu, dari desa tersebut BISA melanjutkan ke Oki Lama, Fatiban, Pohon Batu, Kusu-Kusu II, Leahoni, Kusu-kusu I, Wamsisi, Kabuti, Mangga Dua, Wasalae, Kabat, Waelikut, Lenamlesa, Waemasing, Waeula sampai Kayu Putih hanya untuk bertemu sanak saudara dan tetua-tetua adat disana.

    Pantauan media ini, sepanjang perjalalanan banyak dukungan yang diberikan kepada pasangan ini dengan mendoakan semoga seluruh proses politik pasangan Bakal Calon dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

    Saat bersama warga dan tetua adat desa yang disinggahi BISA terus meminta Doa restu dan banyak bercerita dengan warga.

    Banyak hal yang diperbincangkan baik terkait kondisi kampung, hasil perkebunan, harga cengkih, harga pala, kesehatan, kondisi perpolitikan di Kabupaten Bursel sampai gempa di Maluku pun menjadi topik pembahasan.

    Latbual disela-sela kunjungan dor to dor tersebut mengharapkan adanya dukungan doa dan restu para leluhur untuk memberkati proses perjalanan perpolitikan pasangan calon yang dinilai berpotensi menang jika berhasil mengantongi rekomendasi partai tersebut.

    "Saat ini saya bersama Pak Bahtiar sedang berproses untuk mendapatkan rekomedasi partai sebagai perahu untuk menuju kontestasi politik pilkada 2021-2024, sehingga kami pasangan calon sangat mengharapkan dukungan doa semua basudara, tua-tua adat untuk mendukung kami dalam segalah sisi," ujar Latbual.

    Dikatakan, hal yang membuat dirinya berkunjung dari rumah ke rumah, dusun ke dusun dan desa ke desa untuk menemui tetua adat adalah untuk meminta restu para leluhur, karena bagi pasangan ini, Tuhan Yang Maha Esa adalah yang utama dan kedua adalah restu leluhur kemudian dukungan seluruh masyarakat.

    "Kami menyadari segala proses ini tidak terlepas dari kuasa Tuhan Yang Maha Esa, namun sebagai anak adat yang mengerti adat dan tau adat, saya bersama Pak Bahtiar meminta restu para leluhur melalui para tua-tua adat yang ada disini. Karena Tuhan adalah penentu takdir, dan dengan restu leluhur dan dukungan masyarakat kepada BISA, kami yakin segalah proses dapat dilalui dengan sukacita dan hasil yang dicapai pasti memuaskan," ucap mantan anggota DPRD Bursel dua periode ini.

    Dalam perjalanan ini, banyak sekali dukungan yang diberika kepada pasangan BISA. Semua dibungkus dalam satu senyum pinang siri menambah hangatnya tatat muka tersebut.

    Dari itu, banyak dukungan yang mengalir dan menginginkan agar secepatnya rekomendasi partai di kantongi sehingga mereka dapat berkerja semaksimal mungkin memenangkan pasangan BISA.

    Salah satu Tokoh Adat F Tasane saat bertatap muka mengaku dengan kehadiran Latbual untuk meminta restu adalah langkah baik dengan menyambangi langsung  tua-tua adat yang ada di setiap dusun dan desa.

    Karena menurutnya sudah seharusnya sebagai anak adat yang mengerti adat dapat memahami seperti apa itu adat. Dan ini membuktikan bahwa pasangan ini layak karena banyak memahami karakteristik masyarakat dan etika adat.

    "Sudah seharusnya kalau merasa anak adat harus seperti ini, karena memahami karakteristik adat dan budaya Kai Wait serta menghormati para leluhur. Ini menandakan bahwa pasangan BISA dapat mengangkat derajat kita sebagai masyarakat adat dan mereka patut di dukung," imbuhnya.

    Lebih jahu ia menuturkan, karakteristik pasangan calon seperti inilah yang menjadi idola masyarakat yang merindukan perubahan terlebih khusus masyarakat adat.

    "Figur ini yang menjadi idola, karena mengerti kondisi kami sebagai masyarakat adat, mereka patut didukung dan diperjuangkan menjadi pemimpin Bursel selanjutnya," tandasnya.

    Untuk diketahui dalam setiap pertemuan ini pasangan BISA juga memberikan Ifutin (Lenso Adat) sebagai tanda penghormatan bagi para tuah-tua adat. (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BISA Silaturahmi ke Tetua Adat Waesama Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top