• Headline News


    Tuesday, July 9, 2019

    September-Oktober Pemkot Ambon Terima CPNS



    Ambon, Kompastimur.com 
    Kepala Badan Pengembangan dan Sumber daya Ambon (BKPSDM) Kota Ambon, Benny Selanno mengatakan, Pemkot Ambon akan melakukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019.

    Untuk penerimaan CPNS tersebut direncanakan dilakukan  pada bulan September dan Bulan Oktober 2019 mendatang.

    “Jadi sesuai penjelasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada saat pembukaan Apeksi di Semarang, menyatakan akan ada penerimaan pegawai untuk tahun 2019, tentunya formasi yang nanti di berikan itu perbandingan 70 persen,  dan 30 persen. 70 persen untuk Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K), dan 30 persen untuk umum,’’ ujar Selano kepada Wartawan diruang kerjanya, Senin (08/07).

    Disampaikan, salah satu tujuan dari pengangakatan P3K itu di prioritaskan, sebab Pemkot tidak mungkin mengambil mengambil pegawai dari luar, karena itu akan bermasalah dengan honorer.

    “Ini akan sikapi, terutama honorer kita saat ini sebanyak 532 orang yang hingga saat ini belum selesai, tentunya kita akan pakai persyaratatan-persyaratan normatif yang  memang di perlukan saat proses pengangkatan,” katanya.

    Tetapi, lanjutnya, proses pengangkatan itu akan dimulai dengan pengangkatan pegawai P3K, yaitu pada bulan September atau pertengahan bulan Agustus-September, sedangkan pengumuman 30 persen  formasi murni itu diperkirakan pada bulan pertengahan bulan Oktober.

    “Kepada semua pencari kerja diharapakan mengikuti informasi-informasi resmi yang di keluarkan Menpan-RB diteruskan oleh Pemerintah daerah, baik itu Pemerintah Provinsi maupun Pemkot Ambon untuk selanjutnya di tindak lanjuti,” terang Selanno.

    Dikatakan, pihaknya telah mengusulkan jumlah formasi ke Pemerintah pusat, dan sementara di kaji, untuk paling tidak 200 atau 300 CPNS bisa di terima, namun setelah ada hasilnya akan dibagikan lagi menjadi 70 persen untuk P3K dan 30 persen untuk formasi murni.

    Lebih jauh Selano menjelaskan, sebenarnya yang paling dibutuhkan adalah formasi Murni karena merekalah yang akan berperan langsung dilapngan untuk melayani masyarakat.

    “Tentunya formasi murni yang sangat butuhkan itu, Teknik Sipil, Sarjana Hukum, Akutansi, Dokter, para medis lainnya yang berkaitan dengan tugas-tugas di lapangan terutama yang bersentuhan lansung dengan masyarakat,” sebutnya.

    Dirinya mencontohkan, salah satu yang sangat diperlukan juga yakni tenaga perpustakaan, karena Kota Ambon memiliki Perpustakaan yang masuk dalam golongan perpustakaan unggulan namun kurang memiliki tenaga ahli.

    “Salah satu yang sementara di upayakan adalah tenaga perpustaakaan, ini di khususkan lebih fokus mereka yang berpendidikan perpustakaan, karena kita di Kota Ambon tidak ada itu, sementara perpustakaan kita di Kota Ambon masuk dalam perpustakaan unggulan, jadi harus bisa memahami betul terkait dengan perpustakaan maka akan di prioritaskan,” paparnya.

    Diutarakan, pada tahun 2018 lalu, ada beberapa formasi yang kita butuhkan, namun tidak ada masyarakat yang mendaftar, itu kebutuhan kita yang mendesak, tetapi tahun ini kita tidak mahu rugi lagi.

    Tetapi kita harus minta, seperti yang kita mintakan itu fisioterapi ada formasi tetapi tidak ada yang mendaftar, itu kita butuhkan di semua puskesmas, tetapi justru sekolah itu tidak ada di Maluku, orang dari luar Maluku tidak mungkin daftar ke Maluku, sehingga formasi itu dinyatakan hangus.

    “Untuk penerimaan kali ini kita akan perhatikan betul, kalaupun itu mendesak bagi Pemkot, mungkin itu nanti kita akan kerjasama dengan universitas yang mengeluarkan sarjana tersebut,  atau misalnya terima guru agama islam, namun sedikit yang mendaftar, sebenarnya produk kita banyak dari Universitas Pattimura (Unpatti) bersalahan dengan kebutuhan kita, sepertidari UKIM, UNIDAR dan IAIN,” tambahnya.

    Dirinya juga menghimbau kepada para pencari kerja, agar tidak percaya dengan informasi yang beredar di media social namun selalu mengkroscek melalui situs-situs resmi pemeritah.

    “Kami menghimbau kepada seluruh pencari kerja, saat ini banyak informasi tentang penerimaan CPNS terutama penyelesaian P3K dengan jumlah uang tertentu, namun yang kami harapkan harus mengecek informasi  yang dikeluarkan oleh Pemkot Ambon, hanya  melalui website Pemkot Ambon atau pengumuman resmi dari BK-SDM Ambon dan diluar itu adalah Hoax,” tandasnya. (KT/12)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: September-Oktober Pemkot Ambon Terima CPNS Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top