• Headline News





    Monday, July 15, 2019

    Masyarakat MBD Harus Siap Hadapi Proyek Blok Masela


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompastimur.com 
    Stelah ditandatanginya revisi Rencana Pengembangan (PoD) Proyek Gas Blok Masela beberapa waktu lalu, masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku diminta agar fokus dan dapat mempersiapkan diri untuk menyambut pelaksanaan mega proyek tersebut.

    Permintaan ini disampaikan Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPD Partai Golkar Kabupaten MBD Jefry Rehiraky dalam rilisnya yang diterima wartawan, Senin (15/7/2019).

    Dikatakan, kesiapan ini perlu dilakukan ketimbang harus larut dengan berbagai masalah yang terjadi akhir-akhir ini dan banyak menyulut perhatian masyarakat MBD baik yang menetap di MBD maupun di luar MBD.

    “Hampir seminggu pasca kejadian penumpahaan Sopi (minuman tradisional) hasil sitaan Polres MBD di Kota Tiakur, Kabupaten MBD yang dilakukan Bupati dan Ketua DPRD setempat pada HUT Bhayangkara, telah mengundang sejumlah pernyataan yang disampaikan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten MBD. Dan dalam waktu singkat MBD menjadi seksi diperbincangkan,” katanya.

    Padahal, lanjutnya, proyek Blok Gas Marsela sudah di depan mata, tapi  semua sibuk saling menyalahkan, tetapi tidak sibuk mempersiapkan diri untuk menyambut berkat yang sudah Tuhan siapkan Tuhan.

    “Seharusnya, SDM kita disiapkan sejak dini, saudara-saudara yang  sementara kuliah di Ambon, Kupang, Jawa dan daerah lainnya harus lebih menyiapkan skill dan knowledge, bukan lebih sibuk menjustifikasi sesuatu yang belum tentu kebenarannya. Apalagi turut membuat gaduh di media sosial,” ujarnya.

    Politisi Partai Golkar ini mengaku prihatin dengan kondisi yang terjadi. Bukan saja soal Sopi yang menjadi bahan perbincangan, tapi sejumlah kasus dipublikasikan sebagai opini untuk membuat gaduh media sosial akhir-akhir ini.

    “Masih menyangkut keseksian MBD, dari situasi sosial sampai politik di MBD dimainkan dengan irama dan dinamika yang berbeda tergantung cara menyanyikan opininya,” imbuhnya..

    Saat ini, dinamika yang terjadi, pertanda bahwa orang MBD adalah orang-orang cerdas dan pintar dalam segala aspek.  Apa yang terjadi hari ini adalah bagian dari menunjukkan kualitas diri sebagai orang MBD. Dan tentunya, apa yg diharapkan Pemerintah Kabupaten MBD itu juga sebenarnya yang  diharapkan oleh rakyat Kabupaten MBD.

    “Sesungguhnya, persoalannya kita belum ada pada titik dimana perspektif kita sama dan bermuara pada kepentingan MBD yang lebih baik lagi. Kita akan diperhadapkan pada situasi  Pilkada 2020, sehingga jangan sampai kita terjebak pada segregasi dan dikotomi kelompok serta kepentingan yang lebih pragmatis ketimbang melihat kepentingan MBD secara holistik,” bebernya.

    Untuk itu, Jefry menghimbau bagi anak-anak MBD yang sementara menempuh studi di perguruan tinggi agar bisa mempersipkan diri dengan baik. Prestasi harus diukir di  bangku kuliah dengan torehan indeks prestasi (IP)  harus di atas 3.

    “Kalau adik-adik mahasiswa memiliki IP 3 hingga 4  itu baru kita bisa bersaing dengan anak-anak dari daerah lain, bukan sibuk bentuk organisasi taktis yang proses perekrutan dan pengkaderan tidak jelas. Akhirnya dalam perekrutan CPNS daerah, kita tidak mampu bersaing dan pada akhirnya kita hanya jadi penonton di negeri sendiri,” tandanya. (KT/12)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Masyarakat MBD Harus Siap Hadapi Proyek Blok Masela Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top