• Headline News





    Monday, July 15, 2019

    Asisten I Setda SBT Buka SBT Kegiatan GEMARIKAN


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    SBT, Kompastimur.com 
    Kegiatan Safari gerakan memasyarakatkan makan Ikan (GEMARIKAN), secara resmi dibuka oleh Asisten I Setda SBT, Hasan Suwakul. Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman Kantor PKK Seram Bagian Timur, Senin (15/07/2019).

    Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Dinas Kelautan dan Perikanan SBT dan PKK SBT.
    Sambutan Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas yang dibacakan oleh, Asisten I Setda SBT menjelaskan, kegiatan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) adalah salah satu program yang diinisiasi oleh KKP yang menitikberatkan pada peningkatan konsumsi ikan di Indonesia.

    Pencanangan GEMARIKAN di Kabupaten Seram Bagian Timur merupakan momentum yang sangat penting dalam rangka mewujudkan masyarakat SBT yang kuat, sehat, cerdas dan berpenampilan prima sekaligus membangun karakter, mencerdaskan masyarakat secara fisik dan mental dengan mengkonsumsi ikan. 

    “GEMARIKAN merupakan program Nasional yang diimplementasi di tingkat pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang dilaksanakan terus menerus dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa. GEMARIKAN juga adalah suatu gerakan moral untuk bisa memotivasi masyarakat secara luas untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat," kata Suwakul saat membaca Sambutan Bupati.

    Selain itu, Sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati, maka Sektor kelautan dan perikanan merupakan leading sector di Kabupaten Seram Bagian Timur, sehingga memiliki peran yang strategis dan dapat menjadi penggerak utama bagi akselerasi pembangunan di daerah ini.

    “Kabupaten Seram Bagian Timur memiliki potensi perikanan yang cukup besar yaitu perikanan tangkap sebesar 25.991,13 Ton/Tahun disamping potensi lahan budidaya laut   4.680,97 Ha, budidaya air payau 250,28 Ha dan budidaya air tawar 538,18 Ha dengan 45 pulau," ucapnya.

    Disampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong terciptanya upaya-upaya peningkatan konsumsi ikan yang pada akhirnya mampu mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur.

    “Besar harapan saya bahwa melalui kegiatan ini dapat mendorong masyarakat di Kabupaten ini, untuk memahami betapa penting dan bermanfaatnya ikan bagi tubuh terutama bagi kesehatan dan kecerdasan sehingga anak-anak akan menyukai untuk mengkonsumsi ikan," harap Orang nomor satu SBT dalam Sambutan yang dibacakan Suwakul.

    Untuk diketahui, bahwa Pada tahun 2018, Dinas Perikanan Bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Seram Bagian Timur telah melaksanakan kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten kemudian mengikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi di Ambon, dan Kabupaten Seram Bagian Timur ditetapkan sebagai Juara Pertama Tingkat Provinsi Maluku.

    Selanjutnya mewakili Provinsi Maluku di ajang Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional dan berhasil meraih juara 2 kategori menu keluarga Tahun 2019.
    Tepatnya hari ini dilaksanakan lagi kegiatan Lomba Masak Serba Ikan.

    Gemar makan ikan harus dibiasakan sejak kecil, karena ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik yang bermanfaat bagi tubuh dan mampu meningkatkan kecerdasan anak.

    Masyarakat terutama anak-anak harus diajak agar menjadikan ikan sebagai makanan wajib karena sebagaimana diketahui bahwa banyak mengkonsumsi ikan tidak membawa dampak buruk bagi kesehatan.

    Mengkonsumsi ikan banyak manfaatnya antara lain, Lemak yang terkandung dalam ikan adalah Lemak tak Jenuh omega 3 baik bagi kesehatan. Asam Lemak tak Jenuh omega 3 ini sangat baik untuk mencegah penyakit degeneratif seperti jantung, tekanan darah tinggi dan lain-lain, Untuk membentuk perkembangan otak janin dalam kandungan, ibu-ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan.

    Selain itu alasan lain yang menyebabkan ikan menjadi sangat prospektif dalam menyelesaikan masalah kecukupan pemenuhan pangan dan gizi masyarakat salah satunya karena mudah diproduksi dalam berbagai skala, baik UPI usaha besar maupun UMKM. (KT/FS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
      Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.
      Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Asisten I Setda SBT Buka SBT Kegiatan GEMARIKAN Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top