• Headline News

    Friday, April 12, 2019

    Ketua Bawaslu SBT Monitor Pelatihan Saksi di 3 Kecamatan

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    SBT, Kompastimur.com  
    Ketua Bawaslu Seram Bagian Timur, Rosna Sehwaky turun lansung untuk memonitoring Pelatihan saksi di Kecamatan Gorom Timur, Kecamatan Pulau Gorom, dan Kecamatan Pulau Panjang Kabupaten SBT.

    Pelatian Saksi ini ini berlansung dari tanggl 11-13 April 2019. Saat monitoring pelatihan Saksi Parpol, Sehwaky berharap, semua saksi Partai peserta Pemilu 2019 harus mewujudkan Pemilu yang berkualitas.

    Saksi Partai Politik merupakan tonggak dalam penegakan Demokrasi yang didelagasikan oleh Parpol. Selain itu, saksi partai politik peserta Pemilu juga bersentuhan lansung dengan penyelanggara Pemilu pada tingkat KPPS, sehingga mempunyai peran penting dalam proses Demokratisasi.

    Olehnya itu, sebagai saksi Parpol harus tegas jika Para penyelenggara teknis (KPPS) bekerja tidak sesuai petunjuk, maka bisa diberikan peringatan.

    "Bapak dan Ibu para saksi Parpol juga menjadi tonggak demokrasi demi menegakan demokrasi. Kiranya kita semua dapat mewujudkan pemilu yang baik di negeri ini," kata Sehwaky.

    Lewat kesempatan tersebut, Sehwaky mengajak semua saksi Parpol agar bersama-sama mengawasi seluruh proses pada hari pungut hitung, sehingga cita-cita dan harapan untuk mencapai demokrasi yang berkualitas bisa tercapai.

    Selain itu, Mantan Ketua Fatayat NU SBT ini menambahkan, kehadiran dirinya lansung untuk memonitor pelatihan saksi ini dengan misi mewujudkan demokrasi yang bersih, sehingga tercipatanya Pemilu yang aman, dan damai.

    "Mari kita jaga demokrasi ini dengan baik. Tidak ada misi lain hanya memantau perkembangan karena pengawasan ini sifatnya melekat," katanya.

    Pada pelatihan saksi ini, banyak partai politik yang tidak merekomendasikan nama-nama saksi di tingkat KPPS, ini menandakan bahwa, partai Politik di Kabupaten SBT tidak memiliki kesadaran, padahal pelatihan saksi oleh Bawaslu SBT beserta jajarannya ini sangat penting sekali

    "Kesadaran partai politik sangat minim," kesalnya.

    Hadir dalam pelaksanaan Pelatihan saksi ini diantaranya, Ketua Panwaslu Kecamatan Gorom Timur, Ali Rumatiga (Kordiv HPP), Kordiv SDM, Armin Rumalolas, Kordiv PHL, Sarwani Rumaday. Ketua Panwaslu Keamatan.Pulau Gorom, M. Arfan Tianotak (SDM), Kordiv PHL, Takbiar Siarkanasa, dan Kordiv HPP, Ahmad Tungkustu.

    Untuk diketahui, Kecamatan Gorom Timur hanya 8 Partai yang menyertakan saksinya dalam Pelatihan saksi, diantaranya, PDIP, Demokrat, NasDem, PKPI, Hanura, PKB, Perindo, dan Golkar.

    Kecamatan Pulau Gorom terdiri dari 4 Partai Politik pada sesi pertama, diantaranya, Partai Golkar, Partai Hanura, PKPI, dan PPP. Sementara untuk Kecamatan Pulau Panjang tidak mencapai 15 orang Saksi sesuai ketentuan, sehingga dilaksanakan dalam bentuk bercerita. (KT/FS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ketua Bawaslu SBT Monitor Pelatihan Saksi di 3 Kecamatan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top