• Headline News


    Friday, March 15, 2019

    Cipta Menu, Amarsikaru Tampilkan Makanan Para Leluhur


    SBT, Komapstimur.com
    Lomba cipta menu tingkat desa yang digelar Negeri Amarsikaru terbilang unik dan patut diapresiasi, karena lomba cipta menu kali ini menampilkan makanan khas para pendahulu.

    Hal ini diungkapkan oleh Bendahara Negeri Amarsikaru, Murni Keliobas, pada Kamis (14/03) Via telpon selulernya.

    Keliobas mengatakan, kegiatan lomba cipta menu yang digelar pada tanggal 2 Maret di Amarsikaru tersebut  merupakan salah satu program Negeri Amarsikaru,  Kecamatan Pulau Gorom.

    Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 11 Dusun dalam Wilayah Negeri  Amarsikaru diantaranya, Kilubas, Kelkulat, Kelsolat, kelurat, siksik, Derak, Inlomin, Matlen, Wawasa, Arwou dan Pancalang.

    Untuk memperkenalkan makanan lokal desa Amarsekaru lewat lomba cipta menu tingkat desa, salah satu makanan para pendahulu yang ditampilkan adalah buah mangrove yang dalam bahasa Daerah Amarsikaru disebut Gain.

    "Makanan lokal di Negeri Amarsekaru yang saat ini suda hampir punah. Misalnya Buah magrove yang dalam bahasa Amarsikaru berarti “Gain”. Itu adalah salah satu makanan lokal pengganti nasi atau sagu pada zaman orang tua-tua," ucapnya.


    Dirinya berharap, kegiatan lomba cipta menu yang kembali menampilkan makanan khas para pendahulu di Negeri Amarsikaru, harapan agar generasi muda di Negeri ini bisa mengenal kembali makanan para pendahulu, sehingga generasi saat ini bisa tahu dan mengenal makan lokal yang sering di konsumsi oleh masyarakat pendahulu Amarsikaru sebagai pengganti sagu dan nasi.

    Kedepan pangan lokal ini akan dikelola dengan baik sehingga memiliki nilai jual, karena Amarsikaru memiliki pangan lokal yang cukup banyak namun belum diketahui oleh para generasi muda saat ini

    "Harapannya agar masyarakat lebih khusus  generasi saat ini bisa mengenal makanan lokal yang sering di konsumsi orang tua pada jaman dahulu. Pangan lokal yang ada di Amarsikaru memiliki nilai jual dan memiliki pangan lokal yang cukup banyak," ucapnya. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cipta Menu, Amarsikaru Tampilkan Makanan Para Leluhur Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top