• Headline News


    Friday, March 15, 2019

    Buyer Mesir Teken Kontrak Dagang Produk Minyak Sawit Sebesar U$D 130 uta


    Jakarta, Kompastimur.com
    Sebagai tindak lanjut Misi Dagang ke Mesir dua tahun lalu, KBRI Cairo telah mengupayakan buyer Mesir untuk melakukan kontrak dagang dengan Indonesia.

    Kontrak dagang yang berhasil dicapai antara Perusahaan Induk Perkebunan PTPN III (Persero) dan PT Chita Agri Indonesia dengan salah satu perusahaan pengolahan dan distribusi minyak sawit Mesir Oleo Misr Co membuahkan potensi transaksi hingga USD 130 juta.

    Kesepakatan kontrak dagang tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU di sela kegiatan rapat kerja Kementerian Perdagangan di Hotel Shangri La, Jakarta, pada Selasa (12/3) yang difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan, KBRI Cairo bersama Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI).

    Dirjen PEN Kemendag, Arlinda dalam penuturannya mengatakan “Ekspor minyak kelapa sawit Indonesia ke Mesir cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Dengan kedekatan Indonesia-Mesir, kita optimis mampu menggarap potensi pasar Mesir. Selain itu, Mesir dapat dijadikan sebagai hub untuk memasarkan produk minyak kelapa sawit Indonesia ke Afrika".

    MoU ini ditandatangani oleh Direktur Pemasaran Perkebunan PTPN III (Persero) Kadek K Laksana, Direktur PT Chita Agri Indonesia Machiko Nacih Surjadi, dan CEO Oleo Misr Co Mohamed Hussein Radwan, dengan disaksikan oleh Dirjen PEN beserta jajaran Eselon II , Atdag KBRI Kairo, perwakilan DMSI, Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia (GPPI), Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), Desa Emas, serta Economic Counselor Kedutaan Besar Republik Arab Mesir di Jakarta.


    “CEO Oleo Misr telah datang dan memimpin langsung pertemuan finalisasi kontrak dagang dengan pihak Indonesia sekaligus membahas teknis pengapalan. Diharapkan produk turunan minyak sawit lainnya dapat juga dipasarkan dan menembus pasar Mesir,” ungkap Irman Adi Purwanto Moefthi, Atase Perdagangan KBRI Cairo.

    Pada kesempatan terpisah, Duta Besar LBBP RI untuk Mesir, Helmy Fauzy saat dikonfirmasi menyambut gembira capaian yang diraih oleh produsen dan eksportir sawit Indonesia yang dapat merealisasikan kontrak dagang dengan buyer Mesir. “Kami sangat senang di awal tahun 2019 ini KBRI Kairo dengan dukungan Kemendag RI dan pihak terkait mampu memberikan pendampingan kepada buyer Mesir dalam rangka kontrak dagang dengan produsen minyak sawit Indonesia,”  tutur Dubes Helmy. (KT/W)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Buyer Mesir Teken Kontrak Dagang Produk Minyak Sawit Sebesar U$D 130 uta Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top