• Headline News

    Saturday, February 23, 2019

    Gagal Panen Padi, Petani Waihatu Rugi Ratusan Juta


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Piru, Kompastimur.com
    Warga petani Desa Waihatu Kecamatan Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang berprofesi sebagai petani dipastikan merugi ratusan juta akibat gagalnya panen yang disebabkan oleh hama rumput yang menggangu tanaman padi.

    " Tanaman padi siap dipanen, namun gagal akibat diserang hama rumput sehingga petani warga Desa Waihatu merasa rugi ratusan juta," ungkap Im salah satu petani Desa Waihatu Kepada Kompastimur.com, Sabtu (23/2/2019).

    Hal ini turut di akui oleh beberapa warga Desa Waihatu yang juga berprofesi sebagai petani.

    Menurut mereka, Jika tidak gagal panen, biasanya beras hasil panen yang diperoleh para petani berkisar 400 - 500 ton kerena satu hektar bisanya mencapai 6 - 7 ton beras dari jumlah puluhan hektar padi milik warga petani Desa Waihatu.

    "Kali ini gagal panen akibat hama dan rumput, sehingga kerugian bisa menjadi 12 juta per hektar,” ucapnya.

    Untuk tanaman padi yang ada di Desa Waihatu sendiri kemungkinan ada sekitar 40 hektar. tapi untuk pertanian di Waihatu ini sekitar 100 hektar,

    " Bandingkan saja kalau tidak gagal panen dengan tanaman padi sendiri sekitar 40 haktar, berapa ton hasil panen petani Desa Waihatu," ujarnya.

    Dikatakan, gagal panen ini akibat hama dan rumput yang menyerang tanam padi, dan jika proses penanganannya lebih efisien maka tidak mungkin gagal seperti yang dirasakan petani Desa Waihatu seperti ini.


    "Dengan gagal panen ini warga petani mengeluh khususnya tanam padi itu sendiri, serta tidak ada perhatian baik dari PPL dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Seram Bagian Barat," keluh mereka.

    Mereka meminta ada perhatian khusus pemda SBB agar ke depan nanti tidak terjadi lagi gagal panen seperti yang terjadi saat ini.

    “kami minta perhatian Pemda, ini juga untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat SBB,” terangnya. (KT/MFS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gagal Panen Padi, Petani Waihatu Rugi Ratusan Juta Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top