• Headline News


    Thursday, October 18, 2018

    Mobil Damkar Pemkab Bursel Hanya Pajangan Belaka

    Mobil Pickup (DE 9565 D) milik warga yang digunakaan untuk memadamkan api pada saat terjadi kebakaran di Kilometer 2, Desa Labuang, Kecamatan Namrole 


    Namrole, Kompastimur.com 
    Keberadaan mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) bisa diibaratkan pajangan belaka.

    Bagaimana tidak, mobil yang dikelola Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran setempat, tidak bisa diandalkan saat peristiwa kebakaran di kabupaten yang dipimpin Bupati Tagop Sudarsono Soulissa dan Wakil Bupati Buce Ayub Seleky itu.

    Buktinya, hampir tiga kali peristiwa kebakaran di Namrole, yang menjadi pusat ibukota Kabupaten Buru Selatan, Damkar tidak pernah berada di lokasi kejadian.

    Hal ini menjadi keluhkan sejumlah warga saat peristiwa kebakaran yang menyebabkan dua unit rumah di kawasan kilometer dua, Desa Labuang, Kota Namrole terbakar pada Senin (15/7) kemarin.

    “Panggil mobil damkar jangan hanya jadi pajangan, setiap kejadian kebakaran tidak pernah didatangkan untuk memadamkan api,” teriak warga saat itu.

    Menurut mereka, kalau kondisinya demikian tidak perlu ada dinas pemadam kebakaran begitupun juga dengan mobil damkar.
    “Bayangkan terkandang saat kejadian ketika masyarakat ada yang datang panggil di kantor tidak ada sopir. Selain itu ada juga tidak ada air di dalam mobil maupun aki mobil yang tidak ada,” sergah mereka.

    Persoalan ini seharusnya menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Buru Selatan, sehingga apabila terjadi kebakaran Mobil Damkar sudah bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

    Sebab peristiwa kebakaran bukan baru pertama kali terjadi tetapi sudah berulang kali. Contohnya kebakaran di Kantor Dinas Sosial, sejumlah kios milik warga di Desa Waenono maupun juga di Desa Labuang, tak satu kalipun mobil damkar Pemkab Bursel datang memadamkan api.

    Api dapat dipadamkan lewat gotong royong warga dengan peralatan seadanya maupun bantuan mobil pickup milik warga yang didalamnya terdapat tangki air untuk menjinakan api.

    Jenuh dengan masalah ini, Bupati diminta mengevaluasi kinerja Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Buru Selatan, Asnawy Gay, bila perlu diganti. (KT/01)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mobil Damkar Pemkab Bursel Hanya Pajangan Belaka Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top