• Headline News


    Sunday, October 14, 2018

    Desa Kampung Wailola Miliki Taruna Tata Lingkungan



    SBT, Kompastimur.com 
    Kebersihan lingkungan Desa merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Negeri Administratif Kampung Wailola, Kecamatan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

    Hal ini terlihat dengan pembersihan lingkungan pada bahu-bahu jalan diseputaran Jalan Baru pada Jumat (12/10/08).

    Pasukan sapu bersih lingkungan Negeri Administratif Kampung Wailola yang diberi nama tarutana tata lingkungan desa terus melakukan pembersihan bahu-bahu jalan. taruna tata lingkungan ini merupakan pertama yang dibentuk oleh pihak desa sebagai bentuk rasa kepedulian dan cinta kebersihan.

    Penjabat Negeri Administrasi Kampung Wailola, Yusran Buatan yang ditemui lansung Kompastimur.com dilokasi pembersihan mengatakan, ini merupakan salah satu program pemberdayaan yang dimasukan dalam program desa yang melibatkan 2 Orang dari setiap RT dari total 4 RT di Wilayah Negeri Administrasi tersebut.

    "Pertama di SBT, kami melibatkan setiap RT masing-masing 2 orang," kata Buatan.

    Taruna tata lingkungan dengan motto “Menjaga, Menata, dan Memelihara kebersihan lingkungan” ini kedepan akan dibuat dalam bentuk Peraturan Desa (Perdes) sehingga menjadi kekuatan hukum yang dipegan oleh masyarakat desa sehingga masyarakat bisa memahami benar tentang tata cara menjaga kebersihan lingkungan.

    Selain itu, Masyarakat diharapkan membuang sampah pada tempatnya dan pasukan taruna tata lingkungan siap mengangkut semuanya.
    Untuk itu, kedepan pihaknya setiap tahun akan mengalokasikan anggaran untuk pembersihan yang telah disepakati masuk dalam program pemberdayaan.

    "Perdes tentang pembersihan lingkungan. Setiap tahun akan dialokasikan anggaran karena masuk dalam program pemberdayaan,"ucap Penjabat Desa yang terkenal humoris ini.

    Dari 8 unit mesin babat rumput, akan dihibahkan ke  masing-masing RT 1 unit sehingga kebersihan akan dimulai dari lingkungan yang paling terkecil. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Desa Kampung Wailola Miliki Taruna Tata Lingkungan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top