• Headline News


    Tuesday, September 11, 2018

    Partai Pengusung Kecewa “ Bupati PHP DPRD ” Sekda SBB Diistimewakan



    Piru, Kompastimur.com 
    Agenda penyampaian nota pengantar tentang Ranperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2017, yang sudah diagendakan  antara pihak Eksekutif dan Legislatif, namun  tidak dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Moh Yasin Payapo dan Timotius Akerina.

    Dengan ketidakhadiran para pimpinan Kabupaten membuat sebagian DPRD SBB geram dan terdiam tanpa berbuat apa-apa dan hanya pasrah dengan kenyataan dengan tidak hadirnya Bupati dan Wakil Bupati Moh Yasin Payapo dan Timotius Akerina untuk mempertanggung jawabkan pelaksanaan APBD Tahun 2017 yang sudah diagendakan bersama antara eksekutif dan legislatif, Senin (10/9/2018).

    Padahal agenda pertanggung jawaban pelaksaan APBD Tahun 2017 telah diagendakan pada selasa (4/9/2018) lalu, namun pihak eksekutif dalam hal ini Bupati SBB Moh Yasin Payapo  menunda agenda tersebut.
    Kemudian pihak eksekutif kembali menjanjikan pada senin dini hari agenda dilanjutkan namun Bupati kembali PHP anggota DPRD SBB dengan tidak menghadiri agenda pertannggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2017, malah Bupati mengistimewakan Sekda SBB Mansur Tuharea mewakili Bupati dan Wakil Bupati SBB.

    Menyikapi ketidakhadiran Bupati dan Wakil Bupati SBB anggota DPRD SBB, Ismail Marasabessy geram dan angkat bicara soal ketidakhadiran Bupati dan Wakil Bupati SBB dalam agenda penyampaian nota pengantar tentang ranperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2017.

    Ismail Marasabessy yang adalah anggota fraksi NASDEM  DPRD SBB  kepada awak media mengatakan, namanya juga pertanggungjawaban Bupati selaku kepala daerah itu minimal kalau Bupati SBB berhalangan hadir paling tidak Wakil Bupati harus hadir, karna ini dalam bentuk pertanggung jawaban.

    " Kita tahu persis bahwa APBD 2017 ini kan kita mengalami disclemer juga, paling tidak Bupati memberi gambaran kenapa sampai anggaran kita di tahun 2017 itu musti tetap disclemer dalam pertanggungjawaban beliau tadi soal nota pengantar yang disampikan paling tidak ada gambaran seperti itu," ungkap Marasabessy.

    Lanjut Marasabessy, harapan DPRD sendiri terkait dengan ketidakhadiran Bupati SBB Moh Yasin Payapo hari ini dalam rangka menyampaikan nota pertanggungjawaban nah DPRD SBB akan segera menyikapi dan kita akan lakukan rapat sehingga paling tidak DPRD harus punya berperan.

    "Dalam hal ini kita komisi akan mengkaji kembali laporan pertanggungjawaban kepada Bupati maupun wakil bupati yang disampaikan oleh saudara sekda SBB Mansur Tuharea,” ujarnya.

    Menurutnya, Partai Nasdem dalam hal ini selaku partai pengusung dalam melihat ini, sangat merasa kecewa dengan ketidak hadiran sudara Bupati karena bagaimanapun harapan untuk membenahi SBB kedepan yang lebih baik adalah tujuan bersama, namun dalam Laporan pertanggungjawaban ini paling tidak dari unsur pimpinan itu sudah harus menunjukan sikap keinginan atau kemauan besar untuk mau membangun ini daerah.

    " Sehingg jujur saja kalau memang bicara tentang partai kita salaku partai pengusung juga merasa sangat kecewa ketika ketidakhadiran Bupati Moh Yasin Payapo saat ini," Kesalnya.

    Lebih lanjut, Marasabessy mengingatkan kedepan tidak boleh lagi terjadi seperti ini, selaku kepala daerah Bupati SBB Moh Yasin Payapo harus bertanggung jawab.

    "Ini namanya pertanggung jawaban kepala daerah jadi beliau Bupati harus hadir dan dapat mempertanggungjwabkan apa yang sudah di lakukan  dalam satu tahun anggaran kemaren bukan begini caranya. Jikalau Bupati tidak hadir seharusnya mengutus Wakil Bupati bukan sebaliknya hadirkan sekda SBB untuk pertanggungjawabkan. Kira-kira seperti itu," tutupnya. (KT/MFS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Partai Pengusung Kecewa “ Bupati PHP DPRD ” Sekda SBB Diistimewakan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top