• Headline News


    Thursday, August 16, 2018

    Ratusan Pemuda Obok-obok Sungai Akan dan Sungai Surame Makale



    Tana Toraja, Kompastimur.com 
    Dalam rangka merayakan HUT RI ke 73, beberapa Organisasi Kepemudaan se-Tana Toraja melaksanakan bakti sosial dengan membersikan sampah di Sungai Akan dan  Sungai Surame Makale, Tana Toraja. Hal itu dilakukan sebagai wujud nyata Pemuda Pemuda Peduli Lingkungan.

    Kegiatan Gebyar Kemerdekaan ini diikuti sekitar 140-an orang pemuda yang tergabung dari berbagai organisasi kepemudaan seperti KNPI Tana Toraja, SAPMA-PP, Srikandi -PP, GMMI, HMS, IPGS Toraja, dan Gabungan Kelompok Pencinta Alam (KPA) se-Toraja, sebanyak 32 KPA, bahkan ada juga KPA dari Palopo.

    Kegiatan Gebyar Kemerdakaan ini diinisiasi oleh Pencinta Alam se-Tana Toraja, bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tana Toraja.

    Kadis Lingkungan Hidup Daud Balalembang mengatakan bahwasannya
    Selain sampah-sampah yang berserakan di sungai mereka pungut, juga membersihkan sampah plastik di pemukiman warga, pasar, dan sekitaran Plaza Kolam Makale  yang merupakan icon Ibu Kota Tana Toraja.

    "Diharapkan dengan sangat
    kepada seluruh warga masyarakat  untuk tidak membuang sampah ke sembarang tempat termasuk ke sungai karena dapat menimbulkan bau tidak sedap dan mencemari lingkungan" harap Daud.

    Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan Gebyar Kemerdekaan Ayudhi Fajar Lintin, mengatakan kegiatan bakti sosial itu merupakan wujud kecintaan Pemuda Toraja tentang kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

    "Kegiatan Gebyar Kemerdekaan dilaksanakan dalam memperingati HUT RI ke-73 Tahun 2018, karena kami Pemuda Toraja merasa terpanggil untuk membersihkan sampah di sekitaran Kota Makale agar bebas dari sampah dan ini bukti nyata kecintaan kami terhadap NKRI” ungkap Yudhi.


    Hal yang sama diungkapkan oleh Ketua SAPMA-PP Tana Toraja Pradyan Bandaso Londong Allo, mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang berdomisili di sepanjang bantaran sungai untuk tidak membuang sampah ke sungai guna menghindari banjir dan tumpukan sampah yang dapat menimbulkan bau tidak sedap.

    "Mohon kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke sungai, mengingat tumpukan sampah di sungai dapat mengundang bencana banjir” ujar Iin sapaan akrab Ketua SAPMA-PP itu.

    Dalam Kegiatan Baksos pemuda itu, mereka mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Lingkungan Hidup. Mereka disiapkan 3 armada Dump Truck untuk mengangkut sampah yang mereka kumpulkan. (KT-MZT)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ratusan Pemuda Obok-obok Sungai Akan dan Sungai Surame Makale Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top