• Headline News


    Thursday, August 2, 2018

    Penjabat Desa Aktif Caleg, KPU SBT Harus Tranparan



    SBT, Kompastimur.com 
    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Seram Bagian Timur. Di minta untuk selektif dan jangan bermain-main soal verifikasi berkas Bacaleg, pasalnya hingga saat ini karateker desa yang diduga aktif masih masuk dalam daftar Bacaleg di sala satu Partai. Hal ini diungkapkan oleh salah satu Pemuda SBT, Sandri Rumanama, Rabu (1/8) di Bula.

    Rumanama mengatakan, hal ini terbukti saat tes kejiwaan yang dipusatkan di RSUD, masi terdapat ada bakal Bacaleg yang aktif menjadi karater yang baru dilantik oleh Bupati Seram Bagian Timur beberapa waktu lalu. Jika ini diloloskan maka KPUD SBT tidak taat pada perintah undang-undang yang berlaku di Negara ini. 

    "KPUD SBT harus selektif saat verifikasi berkas, jangan main-main dalam mengambil keputusan karena itu mencederai UU dan produk Hukum lainnya. Jika ada maka segera dicoret,"Pungkasnya.

    Dirinya berharap, KPU SBT tidak mencedrai proses pentahapan Pileg di 2019 dan harus konsisten terhadap amanat UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, dan PKPU Nomor 20 Tahun 2018, karena semua persyaratan bakal calon dan larangan lainnya telah tertuang dalam Undang-undang beserta turunannya alias penjabaran dalam PKPU. Ditambahkan, pihaknya akan selalu melakukan pengawasan serta ketat terhadap seluruh tahapan yang jalankan oleh KPU Seram Bagian Timur.

    "Kami akan kawal seluruh tahapan Pileg oleh KPU SBT.semuanya sudah jelas dalam ketentuan," ucapnya.

    Untuk itu, pihaknya mendesak Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas agar segera mengkroscek para Pejabat maupun penjabat Desa yang mencalonkan diri sebagai Anggota legislatif pada Pemilu 2019 mendatang.

    "Bupati harus kroscek semua kades yang maju DPRD kali ini,"Tutup Rumanama. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penjabat Desa Aktif Caleg, KPU SBT Harus Tranparan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top