• Headline News


    Friday, August 24, 2018

    KM Tanjung Batu Peka Milik Pemkab Bursel Terancam Jadi Sampah Laut



    Namrole, Kompastimur.com
    KM Tanjung Batu Peka milik Pemerintah Kabulaten (Pemkab) Buru Selatan (Burse) kurang lebih 2 tahun belakangan tidak bisa lagi beroperasi untuk menunjang tugas pemerintahan dalam wilayah Buru Selatan.

    Kapal motor bantuan dari Kementrian Desa dan Desa Tertinggal pada 2015 senilai Rp.3,4 Milyar itu kini rusak parah dan hanya berlabuh di pantai Namrole dan terancam menjadi sampah laut dalam Teluk Namrole.

    Pantauan medua ini, Jumat (24/8), KM Tanjung Batu Peka yang berwarna putih terlihat dibiarkan berlabuh begitu saja didalam teluk Namrole.

    Bincang-bincang wartawan dengan beberapa warga nelayan di sekitar pantai itu mengatakan kalau kapal tersebut sudah ada (berlabu) di situ sangat lama dan tidak pernah dipakai.

    "Kapal itu, sudah lama sekali di situ. Seng pernah liat kapal itu bajalan, kapal itu katong dengar katanya suda rusak, mesinnya yang rusak," ungkap seorang nelayan bernama Midi.

    Dikatakan serupa oleh rekannya, Samsul katakan bahwa kapal itu tidak bisa beroperasi lantaran kerusakan mesin yang tidak bisa diperbaiki oleh pemerintah daerah.

    "Mesinnya rusak, dan tidak ada yang bisa perbaiki. Di sini (Namrole), seng ada yang bisa perbaiki," ujarnya.

    Dikatakan, kapal itu terancam menjadi sampah seperti kapal-kapal lainnya yang ada di pantai ini.

    "Lihat saja itu (sambil menunjuk beberapa kapal yang sudah rusak di pantai), nanti sama seperti itu, lalu jadi sampah di pinggir pantai,” ujarnya.

    Mereka para nelayan mengaku cukup mengetahui keberadaan kapal teraebut.

    "Katong tinggal di sini dan setiap hari lihat kapal itu, kapan jalan katong tahu, dan suda lama sekali tidak jalan,” kata mereka.

    Menurut mereka, kapal milik Pemerintah Kabupaten Buru Selatan ini sangat bagus dan sangat laju. Sayangnya kapal tersebut belum juga bisa diperbaiki dan dibiarkan terbengkalai begutu saja.

    "Sebenarnya, kapalnya itu masih bagus, warnanya masih bagus, tapi rusak tidak bisa dipakai," sesali mereka. (KT-07)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KM Tanjung Batu Peka Milik Pemkab Bursel Terancam Jadi Sampah Laut Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top